Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oka Sulaksana Bawa Merah Putih di Olimpiade

Kompas.com - 06/08/2008, 12:19 WIB

BEIJING, RABU- Atlet Bali I Made Oka Sulaksana akan membawa bendera Merah Putih dalam parade kontingen Indonesia saat pembukaan Olimpiade 2008 di Beijing, Jumat (8/8) yang dimulai pukul 20.00 waktu setempat.

"Oka telah kami tunjuk sebagai pembawa bendera Merah Putih saat defile kontingen pada pembukaan Olimpiade lusa (Jumat)," kata Chief de Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Rosihan Arsyad di Beijing, Rabu (6/8).

Dipilihnya Oka sebagai pembawa bendera dalam acara pembukaan Olimpiade, katanya, antara lain dengan pertimbangan dia adalah atlet yang paling senior dibanding atlet Indonesia yang akan berlaga di Beijing 2008. Oka telah tiga kali ikut pertandingan selancar di Olimpiade, yaitu tahun 1996 di Atlanta, tahun 2000 di Sydney, tahun 2004 di Athena, sebelum di Beijing tahun ini.

Sekalipun selama mengikuti Olimpiade dia belum pernah mempersembahkan medali, prestasinya juga tidak terlalu buruk, yakni berada di urutan 11 di Atlanta, urutan 13 di Sydney, dan urutan 15 di Athena.

Di Olimpiade 2008 Beijing ini, dia berharap bisa memperbaiki catatan prestasi di Olimpiade sebelumnya, yaitu masuk dalam 10 besar. 

Pada Olimpiade 2008 Beijing, Indonesia mengirimkan 24 atlet untuk cabang atletik, angkat besi, renang, panahan, layar, bulutangkis, dan menembak.

Bulutangkis merupakan cabang yang terbanyak mengirimkan atlet, 11 orang, disusul angkat besi (5), atletik (2), renang (2), panahan (2), sedangkan layar dan menembak masing-masing satu atlet.

Mereka adalah Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, Markis Kodo, Hendra Setiawan, Luluk Hadiyanto, Alvent Yulianto, Nova Widianto, Lilyana Natsir, Flandy Limpele, Vita Marissa, dan Maria Kristin Julianti (bulutangkis); Raema Lisa Rumbewas, Eko Yuli Irawan, Triyatno, Edi Kurniawan, Sandow Weldemar Nasution; atletik adalah Suryo Agung, dan Dedeh Erawati (angkat besi).

Sedangkan Renang mengirimkan Doni B Utomo dan Fibriani Ratna Marita; panahan Rina Dewi dan Ika Yulianan Rachmawati, sementara layar I Gusti Made Oka Sulaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com