Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Lima Kota Langit Biru Terbaik

Kompas.com - 11/07/2008, 16:24 WIB

JAKARTA, JUMAT - Menteri Negara Lingkungan Hidup (Meneg LH) Rahmat Witoelar menyerahkan penghargaan kepada lima kota yang terpilih sebagai Kota Langit Biru terbaik. Kelima kota itu adalah Denpasar, Surabaya, Jakarta Pusat, Makassar dan Yogyakarta. Kota-kota itu terpilih, setelah dilakukan pengukuran dan evaluasi terhadap kualitas udara di 12 kota di Indonesia. Kota yang menempati peringkat 5 teratas, menjadi yang terbaik.

Penyerahan penghargaan dilakukan pada pembukaan The 16th Indonesia International Motor Show, di JCC, Jakarta, Jumat (11/7).Program Langit Biru, salah satu kegiatannya adalah evaluasi kualitas udara perkotaan, dalam rangka menurunkan pencemaran udara dari sektor transportasi melalui promosi dan penerapan kebijakan transportasi berkelanjutan di daerah perkotaan. Serangkaian kegiatan dalam evaluasi tersebut, di antaranya kegiatan baik fisik maupun non fisik. Kegiatan non fisik berupa survey pendapat para pemangku kepentingan yang ada di kota-kota tersebut. Kegiatan fisik, berupauji emisi  "Spotcheck" kendaraan bermotor selama 3 hari dengan target 500 kendaraan pribadi per hari.

Selain penyerahan penghargaan, sejumlah Kementerian, yaitu Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Departemen Perhubungan, Departemen Perindustrian dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melakukan kerjasana Langit Biru (Blue Sky) di Indonesia. Penandatanganan langsung dilakukan para menteri dengan Ketua Umum Gaikindo Bambang Trisulo.

Kerjasama tersebut meliputi pengembangan sistem pemantauan dan pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor dengan memanfaatkan jaringan bengkel yang dimiliki oleh Gaikindo. Selain itu,  pengembangan dan peningkatan penggunaan bahan bakar selain bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor. Terakhir, sosialisasi serta penyebaran informasi kepada masyarakat luas mengenai emisi gas buang kendaraan bermotor. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com