Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penonton Kecewa, Tak Ada Air Jadi BBM

Kompas.com - 19/06/2008, 18:43 WIB

NGANJUK, KAMIS- Sejumlah pengunjung yang memadati rumah Djoko Suprapto, pria yang yang mengaku sebagai penemu blue energy, Kamis (19/6), mengaku kecewa. Mereka tidak bisa melihat praktek perubahan air menjadi bahan bakar minyak seperti yang diberitakan selama ini.

"Saya pikir saya benar-benar bisa menyaksikan alat yang mengubah air menjadi bensin atau solar, seperti yang dikatakan orang-orangnya Joko Suprapto selama ini. Ternyata hanya omong kosong," ujar Joko Purnomo, warga Nganjuk.

Joko mengaku kecewa karena ia hanya disuguhi pertunjukan penghematan pemakaian BBM dengan cara mencampur BBM dengan hidrogen yang berasal dari air murni.

Pernyataan kecewa juga dikemukakan oleh Kasturi, warga Kertosono, Nganjuk. Menurut Kasturi, konsep penghematan energi yang dipamerkan Djoko Suprapto sangat mirip dengan konsep yang dipaparkan oleh Joko Sutrisno dari Yogyakarta.

"Pak Joko Sutrisno malah lebih terbuka dalam memaparkan, juga alat-alat apa saja yang digunakan. Saya pernah diajak ke bengkelnya di Yogyakarta dan setelah melihatnya sendiri langsung saya praktekkan pada sepeda motor saya," ujarnya.

Menurut Kasturi, proses memisahkan molekul air yang berupa hidrogen itu tidak sulit, hanya dibutuhkan katalisator yang bisa dibuat sendiri oleh masyarakat. Berdasarkan ilmu yang dia pelajari dari Joko Sutrisno, perbandingannya 1:1, artinya satu liter premium dicampur dengan satu liter air. Untuk mobil pakai relay sebagai katalisator, sedangkan untuk sepeda motor pakai dioda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com