Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salatiga Kembangkan Batik Plumpungan

Kompas.com - 26/05/2008, 20:40 WIB

SALATIGA, SENIN – Pemerintah Kota Salatiga sedang mengembangkan batik khas Salatiga yang bercorak Prasasti Plumpungan. Dalam waktu dekat semua pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah, akan diwajibkan menggunakan batik Plumpungan pada hari tertentu.

Pengembangan batik ini dilakukan dengan menyelenggarakan pelatihan untuk 15 peserta yang dipusatkan di Plumpungan, Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Senin (26/5). Selama tiga hari, para perajin ini akan mendapat materi seputar batik dari instruktur asal Pekalongan.

Motif batik ini semula masih terbatas lima macam, yaitu Selo Giri, Kupu-kupu, Kencono Sekar Plumpungan, Sekar Seling Pereng, serta Selo Temata. Semuanya merupakan kreasi pemenang sayembara batik yang diselenggarakan Pemerintah Kota Salatiga tahun lalu. Para perajin diharapkan bisa menghasilkan kreasi baru.

“Kalau mereka sudah bisa berproduksi, kami akan memfasilitasi pasarnya. Wali Kota Salatiga juga sangat mendukung dan menjanjikan akan menurunkan perintah agar seluruh PNS Salatiga menggunakan batik Plumpungan pada hari Kamis,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni, Budaya, dan Olahraga Kota Salatiga, Dyah Puryati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com