Beban Hidup Berat, Samsul Pilih Gorok Leher

Kompas.com - 21/05/2008, 09:03 WIB
Editor

TUREN, RABU - Beban hidup yang berat membuat Samsul Anwar (19), asal Dusun Lowokwaru, Desa Tawangrejani, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, nekat mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri, Senin (19/5) sore.

Korban ditemukan tewas bersimbah darah di dalam kamar mandi dengan leher nyaris putus. Diduga korban tewas setelah menggorok lehernya sendiri. Sebab, tak jauh dari mayat korban, petugas menemukan pisau berlumuran darah.

"Saya nggak bisa memastikan kedalaman luka pada leher korban. Yang jelas, lukanya cukup parah hingga menyebabkan korban meninggal dunia," kata AKP Gatot Suseno, Kepala Polsek Turen, didampingi Kepala Unit Reskrim Iptu Sobikin, Selasa.

Kejadian itu pertama kali diketahui nenek korban, Kasih (65). Kasih selama ini yang merawat dan membesarkan korban. Saat itu Kasih hendak ke kamar mandi. Namun, saat baru melangkah di pintu kamar mandi, Kasih kaget bukan main karena melihat tubuh cucunya terkapar di lantai dengan kondisi bersimbah darah. Seketika itu, dia menjerit histeris hingga mengundang perhatian tetangga.

Sejumlah saksi yang sudah dimintai keterangan petugas Polsek Turen, baik keluarga maupun tetangga korban, menuturkan, sejak 2001 Samsul Anwar mengalami gangguan jiwa dan sudah diperiksakan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Dr Widyodiningrat Lawang. Namun, korban tak bisa sembuh total dan masih sering kambuh. Jika kambuh, biasanya korban diberi obat penenang dan langsung tidur. Setelah bangun korban kembali berperilaku normal.

Samsul diperkirakan sakit karena orangtuanya, Suwarno (45)-Sriati, 40, bercerai. Setelah bercerai, tak satupun orangtuanya hidup bersama korban. Ibunya langsung menjadi tenaga kerja wanita (TKW) di Arab dan jarang pulang. Sementara, Suwarno sudah menikah lagi dan jarang menengok korban.(Surya/st12)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.