Banjir Genangi Murung Raya dan Barito Utara

Kompas.com - 25/04/2008, 17:03 WIB
Editor

 

PALANGKARAYA, JUMAT - Bencana banjir akibat luapan Sungai Barito kembali menggenangi Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Ratusan rumah terendam. Dua orang dilaporkan tewas akibat terpeleset dan jatuh ke genangan banjir di Muara Teweh, ibukota Barito Utara.

"Banjir yang menggenangi 500 rumah di 10 desa wilayah kecamatan kami ini akibat luapan Sungai Barito dan anak sungainya, yakni Sungai Laung," kata Camat Laung Tuhup, Kabupaten Murung Raya, Syahrial Pasaribu ketika dihubungi Kompas dari Palangkaraya, Jumat (25/4).

Belum ada laporan korban jiwa akibat banjirdi Laung Tuhup yang mulai naik sejak Kamis sore tersebut. Syahrial menuturkan, sudah mengirimkan teleks untuk mengabarkan kondisi banjir di wilayahnya ini kepada Pemerintah Kabupaten Murung Raya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Barito Utara, Ajun Komisaris Besar Restu Mulya Budyanto, ketika dihubungi menuturkan, banjir akibat luapan Sungai Barito menewaskan dua orang di Muara Teweh akibat terpeleset jatuh ke genangan banjir.

Restu menuturkan, ada 400-an rumah di Muara Teweh, Kecamatan Kandui, Kecamatan Lahei, dan Kecamatan Montallat yang terendam banjir. Warga yang rumah panggungnya bertingkat dapat naik ke lantai atas, namun sebagian yang rumahnya tidak bertingkat terpaksa mengungsi ke rumah kerabat. "Sejak kemarin kami berpatroli untuk mencegah pencurian di rumah warga yang terlihat kosong karena ditinggal penghuninya," kata Restu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.