Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palu, Banjir Rendam Empat Kelurahan

Kompas.com - 24/04/2008, 21:47 WIB

PALU, KAMIS - Setidaknya empat kelurahan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (24/4), terendam dengan ketinggian air bervariasi antara mata kaki hingga paha orang dewasa. Banjir terjadi akibat luapan Sungai Palu.

Menurut pemantauan, wilayah yang terendam berada pada radius 500 meter di sisi kiri dan kanan sepanjang bantaran sungai. Akibatnya, sekitar 1.000 jiwa di Kelurahan Basusu Tengah, Maesa, Ujuna, dan Kampung Baru yang berada di Kecamatan Palu Selatan, Palu Timur, dan Palu Barat, terancam terisolasi.

Kendati demikian, sebagian besar di antara mereka masih bertahan di rumah masing-masing. Hanya sebagian yang mengungsi ke tempat-tempat yang masih aman dan membawa barang-barang penting. Sebagian mengamankan barang di bagian rumah yang lebih tinggi, hingga plafon. Hingga Kamis malam, warga masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi bila air semakin tinggi.

Luapan Sungai Palu terjadi akibat hujan yang terjadi di daerah hulu, dalam beberapa hari terakhir. Hulu Sungai Palu berada di Daerah Lariang dan sejumlah anak Sungai Lariang, mengalir ke Sungai Palu dan bermuara ke Teluk Palu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com