Palu, Banjir Rendam Empat Kelurahan

Kompas.com - 24/04/2008, 21:47 WIB
Editor

PALU, KAMIS - Setidaknya empat kelurahan di Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (24/4), terendam dengan ketinggian air bervariasi antara mata kaki hingga paha orang dewasa. Banjir terjadi akibat luapan Sungai Palu.

Menurut pemantauan, wilayah yang terendam berada pada radius 500 meter di sisi kiri dan kanan sepanjang bantaran sungai. Akibatnya, sekitar 1.000 jiwa di Kelurahan Basusu Tengah, Maesa, Ujuna, dan Kampung Baru yang berada di Kecamatan Palu Selatan, Palu Timur, dan Palu Barat, terancam terisolasi.

Kendati demikian, sebagian besar di antara mereka masih bertahan di rumah masing-masing. Hanya sebagian yang mengungsi ke tempat-tempat yang masih aman dan membawa barang-barang penting. Sebagian mengamankan barang di bagian rumah yang lebih tinggi, hingga plafon. Hingga Kamis malam, warga masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi bila air semakin tinggi.

Luapan Sungai Palu terjadi akibat hujan yang terjadi di daerah hulu, dalam beberapa hari terakhir. Hulu Sungai Palu berada di Daerah Lariang dan sejumlah anak Sungai Lariang, mengalir ke Sungai Palu dan bermuara ke Teluk Palu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.