Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temasek akan Lepas BII

Kompas.com - 25/02/2008, 09:22 WIB

SINGAPURA,SENIN - BUMN Singapura, Temasek Holdings Pte Ltd, akan menjual kepemilikan sahamnya di Bank International Indonesia (BII), bank terbesar keenam di Indonesia, daripada menggabungkan dengan PT Bank Danamon Indonesia, demikian the Asian Wall Street Journal, Senin (25/2), mengutip sebuah sumber yang tak disebutkan.

Divestasi tersebut diperkirakan dapat mencapai 700 juta dollar AS berdasarkan nilai pasar BII saat ini, sebut surat kabar tersebut.

Pembeli potensial, di anataranya adalah bank-bank China yang ingin sekali melakukan ekspansi ke  pasar-pasar sedang berkembang (emerging markets), kata sumber. Bank kreditor terbesar China, Industrial & Commercial Bank of China, membeli 90 persen kepemilikan saham di PT Bank Halim, sebuah bank kecil di Indonesian pada Desember 2006.

Bank lainnya di Indonesia, Bank Mandiri, dilaporkan telah menunjukkan minatnya untuk membeli kepemilikan saham Temasek di BII, namun Bank Mandiri membantah laporan tersebut.

Temasek, melalui Fullerton Financial Holdings (FFH), menguasai 75 persen kepemilikan saham di Konsorsium Sorak, yang menguasai 56,13 persen saham BII. Kookmin Bank, Korea Selatan memiliki sisanya 25 persen saham di Sorak. Temasek juga mengendalikan PT Bank Danamon Indonesia melalui FFH. (ANT)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com