Sehat dengan Pengobatan Herbal

Kompas.com - 24/02/2008, 20:48 WIB
Editor

PENGOBATAN herbal adalah penggunaan seluruh atau beberapa bagian tanaman untuk mengobati berbagai macam penyakit dan mempertahankan kesehatan. Penggunaan tanaman sebagai obat sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Walaupun sering dikategorikan sebagai pelengkap atau alternatif di negara barat, obat herbal tetap obat yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Negara pengguna obat-obatan herbal tertua yang tercatat dalam sejarah, sekitar tahun 2800 sebelum masehi, yakni China. Mereka saat itu telah menggunakan 366 jenis tanaman sebagai obat. Selain di China, di beberapa belahan dunia lain juga sudah mengenal tanaman obat, seperti Yunani dan Eropa Barat. Bahkan, fisikawan Yunani Hippocrates meninggalkan daftar 400 tanaman obat yang ditelitinya.

Zaman dahulu, penggunaan tanaman obat selalu dikaitkan dengan mitos dan ilmu sihir. Namun, sekarang penggunaan tanaman obat sudah didukung ilmu modern. Banyak tanamanan obat yang dulunya hanya warisan turun temurun dari generasi ke generasi, sekarang menemukan cara penggunaan yang baru, setelah dirinci melalui analisis kimia dan uji klinis. Penelitian terus menerus dilakukan dengan tujuan meningkatkan manfaat dan keamanan tanaman obat.

Tanaman obat dapat digunakan di rumah untuk mengobati penyakit ringan dan menjaga kesehatan supaya tetap bugar. Jika anda ingin menggunakan tanaman sebagai obat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Pastikan bahwa anda sudah tepat mengidentifikasi tanaman yang akan anda gunakan sebagai obat. Jika ragu-ragu mintalah petunjuk.

2. Konsultasikan tanaman obat yang baik untuk memastikan anda tidak melebihi dosis yang dianjurkan

3. Jika anda mengambil tanaman obat langsung di alam bebas, pastikan tanaman tersebut banyak tumbuh di daerah tersebut. Jangan menggali sampai akar-akarnya, selain untuk menjaga kelestarian di beberapa negara tindakan ini melanggar hukum.

4. Jangan menunggu lama menemui dokter, jika sakit anda bertambah serius.

Tanaman yang biasa digunakan di rumah

Tanaman-tanaman berikut biasa digunakan di rumah. Beberapa dari tanaman ini juga dapat mudah ditanam di rumah, sebagian ada di alam dan tersedia di toko bahan kimia dan makanan kesehatan.

Stinging nettle
Tanaman ini hanya tumbuh di tanah yang baik dan kaya, karena itu tanaman ini sering ditemukan di tanah yang berkompos. Tanaman ini banyak mengandung nutrisi, termasuk zat besi dan vitamin C, oleh sebab itu sangat baik dikonsumsi para penderita anemia. Selain itu, tanaman ini juga bagus untuk mereka yang mengalami gangguan alergi, termasuk juga eksim pada anak-anak. Tanaman ini dapat diminum seperti teh, atau dimasak sebagai sayuran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.