Lapas Sumsel Sudah Over Kapasitas

Kompas.com - 11/01/2008, 15:53 WIB
Editor

PALEMBANG, JUMAT - Kondisi lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan negara (Rutan) di Palembang, sekarang ini sudah melebihi daya tampung (over kapasitas).

Sejumlah keluarga narapidana di Palembang, Jumat, mengatakan, mereka sangat prihatin melihat tahanan atau napi yang menjalani hukuman di lapas Pakjo dan Rutan Merdeka di dalam ruangan padat.

"Dalam ruangan tahanan yang idealnya untuk menampung 10 - 15 orang, sekarang ini dihuni sekitar 30 orang," ujar Hendra salah seorang keluarga napi lapas Pakjo.   

Kondisi tersebut sungguh tidak manusiawi dan diharapkan pihak berwenang segera melakukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah over kapasitas itu, katanya.

Sebelumnya Humas Kanwil Departemen Hukum dan HAM Sumsel, Zakaria, mengatakan, kondisi lapas dan rutan di provinsi ini sebagian besar mengalami kelebihan kapasitas daya tampung. Dari 16 lapas, rutan dan cabang rutan di Sumsel, sekarang ini hampir seluruhnya melebihi daya tampung.

Untuk mengatasi kelebihan daya tampung tersebut, pihaknya sekarang ini terus berupaya melakukan pengembangan dan pembangunan lapas atau rutan yang baru.

Salah satu lapas baru yang sekarang ini sedang dibangun adalah di kawasan Merah Mata berlokasi diantara perbatasan Kota Palembang dengan Kabupaten Banyuasin.

Lapas baru yang dibangun secara bertahap sejak tahun 2006 tersebut, diharapkan dalam wkatu dekat bisa dirampungkan dan segera dioperasionalkan.   

Lapas baru yang memiliki daya tampung sekitar 800 orang itu diharapkan mampu mengatasi masalah kelebihan kapasitas, terutama di lapas dan rutan dalam wilayah Kota Palembang, tambahnya. (ANT/ABI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.