Salin Artikel

Serahkan Formulir Pendaftaran Bacabup, Mantan Wabup Banyumas Berharap Dapat Rekomendasi PDI-P

BANYUMAS, KOMPAS.com - Mantan Wakil Bupati (Wabup) Banyumas, Jawa Tengah, Sadewo Tri Lastiono resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati (bacabup) melalui PDI-P.

Hal itu ditandai dengan penyerahan formulir pendaftaran ke Kantor DPC PDI-P Banyumas di Jalan Kalibener, Purwokerto, Senin (13/5/2024).

Sadewo datang didampingi istri beserta ratusan simpatisan yang terdiri atas perwakilan dari 27 PAC PDI-P, para tokoh senior Marhein Banyumas, pengusaha, dan kaum nahdliyin.

Sadewo berharap, mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP-P untuk maju dalam kontestasi Pilkada Banyumas.

"Rekomendasi merupakan kewenangan dari DPP, tapi harapan saya bisa memperoleh rekomendasi. Prosesnya, setelah dari DPC nantinya diantar ke DPD dan ke DPP. Setelah itu, tinggal menunggu rekomendasi," kata Sadewo di Kantor DPC PDI-P Banyumas, Senin.

Dalam rekomendasi itu, nantinya akan ditentukan juga pasangan yang akan mendampinginya. Namun sampai sejauh ini, internal PDI-P belum memutuskan sosok pendampingnya.

Membuka pintu koalisi

Menurut bendahara DPC PDI-P Banyumas ini, partainya membuka pintu koalisi dengan partai lainnya.

"Sesuai dengan arahan Ibu Ketua Umum dan Komandan Mas Bambang Pacul, koalisi dengan partai lain bisa dan memungkinkan," kata dia.

Sejauh ini, kata Sadewo, beberapa partai telah membuka komunikasi.

"Yang sudah resmi membuka komunikasi di antaranya Gerindra dan PKS. Saya juga sudah berdiskusi dengan PKB, namun saya menyarankan ke DPC, karena soal koalisi ranah partai. Juga telah terjadwal (pertemuan) dengan PAN," ungkapnya.

Sadewo juga mengaku secara pribadi telah menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh di Banyumas.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Arie Suprapto mengatakan, total ada 11 yang telah mengambil formulir. Tiga orang mengambil formulir pendaftaran bacabup dan delapan lainnya sebagai bacawabup.

"Kami masih menunggu sampai Selasa (14/5/2024) pukul 16.00 WIB, karena penutupan pengembalian formulirnya besok," kata dia.

Prapto mengatakan, nantinya akan melaporkan nama-nama yang mendaftar ke DPD dan DPP untuk proses lebih lanjut.

"Setelah penutupan pengembalian formulir, kami segera melaporkan ke DPD dan DPP. Ada proses fit and proper test yang dilakukan di DPD. Setahu saya, biasanya mekanismenya seperti itu," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2024/05/13/150944578/serahkan-formulir-pendaftaran-bacabup-mantan-wabup-banyumas-berharap-dapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke