Salin Artikel

Rekayasa Ganjil Genap Diterapkan di Puncak Bogor, Catat Tanggalnya

BOGOR, KOMPAS.com - Polisi kembali menerapkan sistem ganjil genap kendaraan di pintu masuk atau tepatnya di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mulai Jumat (26/5/2023) sore.

Ganjil genap ini untuk mengurangi arus lalu lintas kendaraan wisatawan yang hendak menuju ke kawasan wisata Puncak Bogor.

"Untuk petang ini jalur Puncak masih normal 2 arah, dan sudah mulai kita berlakukan ganjil genap," ujar KBO Sat Lantas Polres Bogor, Iptu Ardian Noviantasari sewaktu dihubungi, Jumat.

Ardian mengatakan, ganjil genap berlaku selama tiga hari atau mulai Jumat, Sabtu dan Minggu.

Penerapan itu mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021 tentang Pengaturan Lalu Lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi-Puncak Nomor 074 dan Ruas Jalan Nasional Puncak-Batas Kota Cianjur Nomor 075.

"Jadi dari tanggal 26, 27 dan 28 Mei 2023 di jalur wisata Puncak ini berlaku ganjil genap," ujarnya.


Ardian menjelaskan, sistem ini mengharuskan kendaraan roda empat maupun roda dua untuk menyelaraskan pelat nomor genap pada tanggal genap. Begitu pula dengan tanggal ganjil, pelat nomor kendaraan juga harus sesuai tanggal tersebut atau ganjil.

Penentuan ganjil genap ini merujuk pada angka terakhir nomor polisi kendaraan.

Petugas akan memeriksa tanda nomor kendaraan atau angka terakhir di pintu masuk GT Tol Ciawi atau Jalan Ciawi, Simpang Gadog.

Bagi kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggal di kalendar genap saat ini, maka akan mendapatkan sanksi diputar balik oleh petugas.

"Sesuaikan waktu keberangkatan anda dengan ketentuan ganjil genap di jalur Puncak. Mari kita tertib berlalu lintas dan selalu mematuhi aturan yang berlaku," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/26/173609478/rekayasa-ganjil-genap-diterapkan-di-puncak-bogor-catat-tanggalnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke