Salin Artikel

Gali Tanah untuk Bikin Batu Bata, Warga Klaten Temukan Gigi dan Tulang yang Diduga Milik Kerbau Jawa Kuno

Humas Komunitas Pemerhati Cagar Budaya (KPCB) Klaten Hari Wahyudi mengatakan, diduga gigi kerbau Jawa kuno yang ditemukan digalian tanah jumlahnya banyak. Gigi yang diduga milik kerbau Jawa kuno ditemukan di dua tempat.

"Jumlah gigi yang ditemukan ada puluhan. Ditemukan di dua tempat saat penggalian tanah oleh warga untuk membuat bata merah," kata Hari kepada Kompas.com di Klaten, Jawa Tengah, Jumat (26/5/2023).

Hari mengatakan warga di desa tempat ditemukannya gigi dan tulang tersebut mata pencahariannya memang membuat bata merah.

Sementara pada zaman dahulu lokasi tersebut merupakan permukiman masyarakat Jawa kuno pada masa Hindu-Buddha.

"Diperkirakan (lokasi penemuan gigi dan tulang kerbau Jawa Kuni) permukiman masyarakat Jawa kuno pada masa Hindu Buddha. Saat ini masih diteliti oleh BRIN," ungkap Hari.

"Atas inisiatif ketua pemuda dukuh Kropakan dan atensi dari BRIN semua temuan (ODCB) yang bisa diselamatkan dikumpulkan di rumah salah satu warga setempat yang selanjutnya dijadikan basecamp apabila BRIN berkunjung ke Kropakan," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/05/26/133430378/gali-tanah-untuk-bikin-batu-bata-warga-klaten-temukan-gigi-dan-tulang-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke