Salin Artikel

Ledakan Kilang Minyak Pertamina di Dumai, Kaca Rumah Warga Bergetar hingga Soal Isu Gas Beracun

KOMPAS.com - Sejumlah rumah warga rusak terkena dampak ledakan kilang minyak Pertamina RU II di Jalan Putri Tujuh, Kota Dumai Riau, Sabtu (1/4/2023).

Seorang warga yang tinggal dekat lokasi kilang mengatakan bahwa ledakan dahsyat membuat rumahnya dan tetangganya berantakan.

"Kami kaget mendengar ledakan dan berhamburan keluar rumah, sebab kaca rumah saya ikut pecah," ujar Bobby warga Kelurahan Tanjung Palas, dilansir dari Tribunnews.com.

Bobby mengaku rumahnya berada tak jauh dari kilang.

Sementara itu, di dalam video yang bereda di media sosial, atap sebuah masjid roboh akibat ledakan tersebut.

Hal serupa juga dialami Meriyanti (42), warga Kelurahan Jayamukti mengaku. Menurutnya, ledakan terasa kuar dan membuat kaca rumahnya bergetar.

"Sepulang salat tarawih dari Masjid, saya makan lalu rebahan untuk tidur. Baru saja mata mau terlelap, tiba-tiba terdengar bunyi ledakan keras yang disertai dengan getaran," kata dia.

Wali Kota Dumai, H Paisal SKM sendiri segera langsung meninjau lokasi ledakan dan kondisi warganya.

"Kita lihat, bagaimana kondisi rumah mereka serta kondisi-kondisi warga secara fisik," ujarnya.

Ia mengaku sudah meminta lurah untuk melakukan pendataan dengan melibatkan RT dan RW terkait dengan kerugian yang dialami warga.

Bantah ada gas bercun

Paisal menjelaskan, pihaknya membantah soal kabar ada gas beracun pasca-ledakan.

"Saya pastikan tidak ada gas beracun akibat ledakan itu. Tadi saya ke lokasi kejadian didampingi sejumlah pimpinan Pertamina dan juga dari Kepolisian dan Kodim," sebutnya.

"Jadi, tak ada itu gas beracun," tegasnya lagi.

Dalam peninjauan itu ia didampingi oleh aparat polisi dari Polres Dumai, Kodim Dumai dan perwakilan PT Kilang Pertamina RU Dumai.


Penjelasan Pertamina

Area Manager Comm Rel & CSR Kilang Dumai, Agustiawan mengatakan, ledakan terjadi di area gas kompresor.

"Ledakan terjadi di area gas kompresor," sebut Agustiawan kepada Kompas.com melalui keterangan tertulis, Minggu dini hari.

Terkait korban luka ada lima orang. Kelima korban merupakan pekerja di ruang operator. Untuk penyebab ledakan masih dalam penyelidikan.

Area Manager Comm Rel & CSR Kilang Dumai, Agustiawan mengatakan, ledakan terjadi di area gas kompresor.

"Terdapat lima orang yang terdampak di ruang operator. Saat ini telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik. Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil. Penyebab ledakan belum diketahui," kata Agustiawan.

(Penulis : Kontributor Pekanbaru, Idon Tanjung Editor : Khairina)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul: Pagi Ini Tim Pendataan Survei Kerusakan Dampak Meledaknya Kilang Pertamina Dumai

https://regional.kompas.com/read/2023/04/02/072709078/ledakan-kilang-minyak-pertamina-di-dumai-kaca-rumah-warga-bergetar-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke