Salin Artikel

Video Viral Detik-detik Longsor Bukit Pasirjati Kuningan, Ancam Ratusan Jiwa

KUNINGAN, KOMPAS.com - Bukit Pasirjati, yang terletak di Desa Cipakem, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, longsor pada Jumat (31/3/2023) petang.

Material longsor setinggi lebih dari 100 meter dengan panjang 80 meter ambruk hingga mengancam ratusan warga di sekitar.

Video peristiwa longsornya bukit Pasirjati ini viral di media sosial sekitar Kuningan dan Cirebon pada Jumat malam.

Video tersebut merekam detik-detik terjadinya longsor hingga menyulut kepanikan warga.

Mereka takut serta mengkhawatirkan rumah rumah warga yang berada di sekitar longsor.

Sebab, longsor ini tampak membawa material tanah dan pepohonan yang sangat banyak.

Kepala BPBD Kabupaten Kuningan Jawa Barat, Indra Bayu Permana, menerangkan, bukit Pasirjati ini berada di dua wilayah administrasi yang berbeda, yakni Desa Cipakem Kecamatan Maleber dan Desa Cipedes Kecamatan Ciniru.

Peristiwa longsor ini, terang Indra, terjadi pasca-hujan deras dan angin kencang yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Kuningan, salah satunya di kawasan Maleber dan Ciniru.

Longsor itu terjadi hanya beberapa saat setelah hujan deras.

"Bukit Pasirjati ini longsor, dan ini cukup viral, masyarakat sempat merekam, ada kepanikan warga pasca-ataupun saat terjadi," kata Indra saat ditemui Kompas.com di kantornya pada Sabtu (1/4/2023).


Longsoran ini, lanjut Indra, mengakibatkan ratusan warga yang berada di dua titik, yakni permukiman di bagian atas dan permukiman di bagian bawah, terdampak.

Dampak pertama yakni permukiman yang berada di bagian atas dekat dengan mahkota longsoran, yakni Dusun Kemis, Kampung Walahar, yang dihuni oleh 20 rumah dan satu buah masjid.

Sementara di bagian bawah di Desa Cipakem dan Desa Cipedes terdapat 64 kartu keluarga, 1 mushala, dan 1 buah pondok pesantren.

Tak hanya itu, material longsoran ini juga berpotensi menutup akses Sungai Citamiang yang berada tepat di bawah tebing, yang berpotensi menyumbat dan akhirnya menggenangi atau membanjiri permukiman warga setempat.

Indra menegaskan, beberapa saat setelah kejadian hingga Jumat malam, pihak BPBD bersama pemerintah setempat berkoordinasi untuk melakukan penanganan pasca-longsor.

Sabtu pagi, tim kembali menuju lokasi dengan membawa alat berat guna membersihkan material longsor.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/01/124430178/video-viral-detik-detik-longsor-bukit-pasirjati-kuningan-ancam-ratusan-jiwa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke