Salin Artikel

15 Rumah di Sumedang Rusak Diterjang Puting Beliung

SUMEDANG, KOMPAS.com - Sedikitnya 15 rumah di Perum Ambar Tanjungsari Residence, Desa Raharja, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Jumat (31/3/2023) pukul 17.50 WIB.

Saat kejadian hujan deras mengguyur wilayah tersebut, dan warga setempat yang hendak berbuka puasa panik dengan kencangnya hembusan angin yang membuat atap rumah berterbangan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang Atang Sutarno mengatakan, angin puting beliung merusak sekitar 15 rumah.

"Kondisi kerusakan rumahnya ada yang rusak ringan, berat, dan beberapa rumah lainnya mengalami rusak berat karena atap rumahnya tersapu angin puting beliung," ujar Atang, kepada Kompas.com melalui telepon WhatsApp, pada Jumat malam.

Atang menuturkan, setelah menerima laporan, tim Pusdalops BPBD Sumedang diterjunkan ke lokasi kejadian untuk asesmen.

"Hasil pendataan hingga malam ini, ada 15 rumah yang mengalami kerusakan," tutur Atang.

Atang menyebutkan, bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah, telah diimbau untuk mengungsi sementara ke tempat saudaranya yang lebih aman.

"Kami imbau penghuni rumah untuk mengungsi sementara, karena setelah dilihat, rumah itu tidak memungkinkan untuk ditempati. Jadi, demi keamanan dan keselamatan bersama, kami imbau untuk mengungsi sementara," sebut Atang.

Atang menambahkan, atas kejadian ini, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak pengembang perumahan.

"Pasca-kejadian angin puting beliung ini juga, kami telah melaporkannya kepada pimpinan untuk penanganan pasca-bencana," kata Atang.

https://regional.kompas.com/read/2023/04/01/065329978/15-rumah-di-sumedang-rusak-diterjang-puting-beliung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke