Salin Artikel

Jateng Siapkan 245 Pos Terpadu Untuk Sambut Mudik Lebaran 2023

SEMARANG, KOMPAS.com- Kapolda Irjen Ahmad Luthfi menuturkan ada potensi kenaikan jumlah pemudik hingga 45,8 persen yang menuju ke Jawa Tengah pada masa Lebaran 2023 dengan kendaraan mencapai angka 1,72 juta.

Untuk itu pihaknya menyiapkan sejumlah skenario dan langkah antisipasi untuk kelancaran mudik pada Idul Fitri 1444 H Bersama Forkopimda Jateng.

“Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pemudik, kami akan siapkan 254 pos terdiri dari pos terpadu, pos pelayanan dan pos pengamanan. Total kekuatan yang diterjunkan sebanyak 20.339 personel gabungan,” tutur Luthfi di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jumat (31/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo turut serta memetakan titik kemacetan, rest area, hingga pasar tumpah dan U-turn.

"Dilansir Pak Kapolda (tingkat) kejahatannya meningkat. Ini kita mesti hati-hati, maka kami menyampaikan kepada masyarakat, yuk bulan Ramadan kita bicara kebaikan. Yuk kita siapkan mudik ini dengan aman dan berkesan, ini yang coba kami sampaikan," kata Ganjar.

Sementara itu, menjelang Lebaran 2023 infrastruktur khususnya jalan masih terus dikebut. Situasi ini beriringan dengan cuaca ekstrem yang diprediksi BMKG berlangsung hingga Mei mendatang.

"Maka betul-betul sekarang kita diuji, kekompakan kita akan coba kita padukan dengan membuat perencanaan yang baik, kami minta dukungan dari DPRD, forkopimda komplit, Kajati, Pangdam, untuk kita bisa mensupport," ujarnya.

Lebih lanjut, mengenai ketersediaan stok pangan,

"Termasuk menjaga keamanan pangan, kami mintakan untuk ngecek betul dipastikan semuanya aman," tegasnya.

Ganjar juga menyampaikan masukan dari MUI Jateng terkait potensi perbedaan Idul Fitri 1444 H yang bisa menimbulkan intrik. Mengingat ini bukan pertama kalinya, ia yakin masyarakat bisa menerima perbedaan itu.

"Itu beberapa antisipasi yang hari ini kami lakukan, koordinasi besar, masih ada waktu dan kami mintakan nanti peran aktif dari pemerintah di kabupaten kota agar masing-masing ngecek," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/31/215646078/jateng-siapkan-245-pos-terpadu-untuk-sambut-mudik-lebaran-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke