Salin Artikel

Jokowi Ajak Perusahaan Tambang Mencontoh PT Vale dalam Praktik Pertambangan Berkelanjutan

LUWU TIMUR, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo tau Jokowi mengunjungi area tambang PT Vale Indonesia Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (31/3/2003).

Usai meninjau kondisi lingkungan pasca tambang, Presiden Joko Widodo menyatakan salut dan memerintahkan seluruh perusahaan tambang di Indonesia untuk mencontohi sistem pertambangan di PT Vale.

”Hari ini saya sudah melihat langsung lokasi penambangan nikel PT Vale, saya juga melihat program reklamasi pasca tambangnya, sangat baik tata kelola lingkungannya, olehnya itu saya perintahkan seluruh perusahaan tambang yang ada di Indonesia, datang ke Vale tiru cara Vale mengelola lingkungan dalam melakukan penambangan,” kata Jokowi, pada Kamis (30/3/2023).

Dalam kunjungan itu, Jokowi menghargai kinerja PT Vale dalam melakukan aktivitas pertambangan yang berkelanjutan dan pro lingkungan yakni setelah menambang langsung merehabilitasi lahan yang sudah ditambang.

“Tadi saya di lapangan sudah melihat bagaimana PT Vale memperbaiki, lahan–lahan yang sudah ditambang yang sangat baik sehingga tidak terjadi kerusakan lingkungan di Kabupaten Luwu Timur,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, untuk melakukan pertambangan berkelanjutan harus ada peraturan, sehingga aturan mainnya jelas semua melakukan rehabilitasi, semua perusahaan tambang melakukan reklamasi dengan standar internasional yang baik, standar lingkungan yang baik.

“Saya kira tidak sulit, ini hanya mau atau tidak mau dan saya paksa untuk mau dengan peraturan dan tidak mahal,” ujar Jokowi.

Jokowi menuturkan, bagi perusahaan yang sudah terlanjur melakukan aktivitas pertambangan dan tidak berlangsung baik akan dikoreksi.

“Semuanya perlu koreksi, semua kita evaluasi, karena memang kelemahan kita adalah di manajemen, kontrol, lapangan, ini yang mau kita perkuat hingga semua harus, bukan hal yang sulit kalau saya melihat di lapangan,” ujar Jokowi.  

https://regional.kompas.com/read/2023/03/31/113716378/jokowi-ajak-perusahaan-tambang-mencontoh-pt-vale-dalam-praktik-pertambangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke