Salin Artikel

Kasus TBC di Situbondo Tembus 1.188 Sepanjang 2022, Dinkes Ungkap Penyebabnya

Meski demikian pihak pemerintah masih optimistis penyakit tersebut masih bisa dikendalikan dengan pemberian obat yang menyembuhkan penderita.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Situbondo Siti Fajriah menyatakan, kasus TBC di Kabupaten Situbondo mengalami kenaikan cukup signifikan.

Tercatat pada 2022 total ada 1.188 kasus TBC, sementara 2021 sebanyak 899 atau naik 219 kasus.

Dia menuturkan, kenaikan ini karena pendataan dan pemeriksaan yang gencar dilakukan Dinkes. Bisa jadi, ada kasus TBC yang ada sejak dulu namun baru terdeteksi.

"Kasus ini meningkat karena temuannya yang terdeteksi," kata Siti Jumat (31/3/2023).

Menurutnya, pihak pemerintah sekarang sedang gencar melakukan pendataan terhadap penyakit menular seperti TBC, HIV Aids, dan Malaria.

Hal tersebut bersamaan dengan adanya program nasional di Tahun 2030 Indonesia bebas penyakit-penyakit tersebut.

"Targetnya 2030 Indonesia bisa bebas ATM (Aids, Tuberkolosis, dan Malaria),"katanya.

Resillient and Sustainable System for Health (RSSH) Aids Tuberkolosis Malaria (ATM) Jatim Asih Tri Rachmi Nuswantara menyatakan hampir semua kabupaten dan kota di Jawa Timur mengalami peningkatan temuan kasus. Sehingga data kenaikan mayoritas naik.

"Temuan tingginya kasus karena terdata dengan baik untuk pengobatan dan pencegahan yang maksimal sehingga 2030 bebas penyakit Aids, TBC, Malaria," kata Asih.

Dia juga mengatakan, ke depan pemerintah akan melimpahkan penanganan penyakit ATM kepada pemerintah daerah.

Itu artinya, kata dia, seluruh elemen di pemerintahan daerah dan warga harus saling bahu-membahu membantu pencegahan penyakit menular tersebut.

"Dalam menghadapi penyakit menular ATM tidak cukup hanya dinas kesehatan, semua dinas di kabupaten dan kota harus saling bersinergi untuk mencegah persebaran penyakit," terangnya.

Menurutnya, penyakit menular ATM berbeda dengan covid-19. Butuh waktu yang cukup lama untuk penularannya. Sehingga tingkah laku juga sangat berpengaruh terhadap penularan penyakit.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/31/103147978/kasus-tbc-di-situbondo-tembus-1188-sepanjang-2022-dinkes-ungkap-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke