Salin Artikel

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 hingga soal Timnas Israel, FX Rudy Kritik PSSI

KOMPAS.com - Soal pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyoroti tahap penandatanganan kesanggupan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Menurut FX Rudy, sapaan akrabnya, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) seharusnya mengetahui soal persyaratan dan khususnya informasi peserta Piala Dunia U-20.

"Karena kemarin itu PSSI disuruh tanda tangan cek kosong (pernyataan ketersediaan), enggak ada pesertanya siapa. Belum tahu," jelas FX Rudy sapaan akrabnya, saat ditemui di kediamannya di Pucangsawit, Solo, Kamis (20/3/2023).

"Saat itu, tidak ditanyakan siapa pesertanya menandatangani lembaran kosong. Saya bicara cek kosong tadi," tambah FX Rudy yang juga menjabat Ketua DPC PDI-P Kota Solo.  

Pelajaran berharga

Menurut FX Rudy, pembatalan tersebut seharusnya dijadikan pelajaran berharga bagi dunia sepak bola Indonesia, khususnya pemerintah Indonesia.

Pasalnya, sejumlah pihak melontarkan protes setelah mengetahui salah satu peserta Piala Dunia U-20 adalam Timnas Israel.

"Ini pengalaman yang sangat-sangat berharga bagi Pemerintah Republik Indonesia. Ketika disodori sesuatu mesti isinya harus tahu," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, FX rudy juga menganggap sikap Gibran tidak menolak Timnas Israel karena kurang mengetahui soal konsititusi warisan Presiden Soekarno, khususnya soal apa yang tertuang di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Negara Republik Indonesia.

"Belum tahu tentang konstitusi, belum lahir soalnya," sentil Rudy, saat di Puncangsawit, Kota Solo, Kamis (30/3/2023), malam.

Seperti diketahui, di dalam pembukaan UUD 1945 tersebut berbunyi penjajahan di atas dunia ini harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

(Penulis : Kontributor Kota Solo, Fristin Intan Sulistyowati | Editor : Dita Angga Rusiana)

https://regional.kompas.com/read/2023/03/31/082502578/indonesia-batal-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u-20-hingga-soal-timnas-israel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke