Salin Artikel

Tembak Mati Pencuri Batu Bara di Perairan Muara Berau, Polisi di Samarinda Diperiksa Propam Polda Kaltim

MR ditembak mati saat bersama rekan-rekannya sedang melakukan upaya pencurian batu bara di Perairan Muara Berau, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (23/3/2023) dini hari. 

Kapolres Bontang AKBP Yusep Dwi Prastiya mengatakan polisi tersebut kini sedang menjalani pemeriksaan di Propam Polda Kaltim. Yusep tak mendetailkan satuan unit dan pangkat polisi tersebut, karena masuk kewenangan Propam Polda. Hanya saja, kata dia, polisi itu bertugas di Polresta Samarinda. 

"Kasusnya sudah diambil alih Polda Kaltim. Pelakunya hanya satu orang (polisi)," ungkap Yusep saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/3/2023).

Yusep menjelaskan peristiwa bermula ketika PT Insani Bara Perkasa meminta pengawalan tugboat dan tongkang berisi batu bara ke Polresta Samarinda di wilayah Perairan Muara Berau.

Terkait tembakan yang mengenai korban, dia mengaku  belum melakukan penyelidikan mendalam hingga ke arah situ. Kini kasus ini sudah diambilalih Polda Kaltim. 

Yusep juga belum dapat memastikan perihal video penembakan petugas yang membabi buta ke sejumlah kapal klotok.

"Soal video itu kita belum bisa pastikan bahwa kejadian pada hari itu, lokasinya di mana, karena tidak ada bisa dijadikan patokan di situ. Kita belum bisa pastikan kejadian itu di mana dan kapan," tutur dia. 

Diberitakan sebelumnya, MR mengalami satu luka tembakan di dada bagian kiri. Lubang bekas tembakan itu terlihat lumayan besar hingga menembus tulang rusuk. 

https://regional.kompas.com/read/2023/03/29/200106078/tembak-mati-pencuri-batu-bara-di-perairan-muara-berau-polisi-di-samarinda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke