Salin Artikel

Polisi Kawal Suporter Bonek Mania Pulang Pergi hingga Perbatasan Semarang, 3500 Personel Sudah Disiagakan

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 3500 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan pertandingan antara PSIS Semarang Vs Persebaya Surabaya yang digelar di Stadion Jatidiri, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng). 

Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, sejumlah strategi juga disiapkan sebagai langkah antisipasi kedatangan suporter bonek dari Surabaya.

"Kita sudah siapkan 2 dapur umum, 35 truk angkutan, hingga mengkoordinir suporter bonek yang datang untuk di safe house yang telah disiapkan," jelasnya saat dikonfirmasi, Rabu (29/3/2023). 

Dia menjelaskan, sistem pengamanan dilakukan dengan mengedepankan upaya preemtif, preventif, dan penegakan hukum untuk menjamin stabilitas dan kondusivitas jelang pertandingan. 

"Kedatangan dan kepulangan suporter bonek juga kita siapkan pengawalan sampai ke perbatasan," kata dia. 

Apabila terjadi peningkatan eskalasi situasi darurat yang memerlukan tindakan cepat, petugas keamanan telah menyiapkan rencana kontijensi. 

"Penggunaan kekuatan kepolisian pun dilakukan secara terukur dan berjenjang," ujarnya. 

Suporter yang memasuki stadion akan dilakukan pemeriksaan. Untuk itu dia menghimbau agar para suporter tertib selama pertandingan. 

"Suporter diminta tidak menyalakan flare atau kembang api di dalam stadion dan segera pulang usai menonton pertandingan," ucap dia. 

Selain itu, Polrestabes Semarang sejak tanggal 26 Maret lalu telah melakukan kegiatan patroli di sejumlah lokasi rawan untuk menyisir kedatangan bonek yang tidak terkoordinir. 

"Giat patroli akan diteruskan hingga H+1 pertandingan untuk menyisir para suporter Bonek yang masih bertahan di Kota Semarang," paparnya.

Seperti diketahui, laga PSIS Semarang dan Persebaya rencananya akan dimulai pada pukul 20.30 WIB. Pertandingan dijadwalkan usai pada pukul 22.30 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/29/133215978/polisi-kawal-suporter-bonek-mania-pulang-pergi-hingga-perbatasan-semarang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke