Salin Artikel

Cara, Lokasi, dan Jadwal Penukaran Uang di Bangka Belitung

Empat di antaranya yakni di Pasar Modern Koba (27/3/2023), Pulau Pongok (28/3/2023), Pasar Toboali (29/3/2023) dan Pelabuhan Sadai (30/3/2023).

Proses penukaran dilayani pukul 10.00 sampai pukul 14.00 WIB. Masyarakat bisa melakukan penukaran uang kecil dan uang rusak di lokasi yang disediakan tersebut.

Caranya, masyarakat harus menyiapkan KTP, registrasi online di https://pintar.bi.go.id atau scan QR yang telah disediakan. Selanjutnya pilih menu penukaran uang melalui kas keliling.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kepulauan Bangka Belitung Faturachman mengatakan, sebanyak 11 titik layanan kas luar kantor telah dibuka sejak awal Maret 2023.

Jadwal kas keliling tersebut bisa diakses melalui akun Instagram bank_indonesia_babel.

Kemudian sebagai upaya digitalisasi layanan pengelolaan uang rupiah, masyarakat dapat memesan penukaran uang melalui web PINTAR.BI.GO.ID.

Layanan penukaran oleh bank tersebar di 32 titik yaitu 22 titik di Pangkalpinang dan 10 titik di wilayah Belitung membuka layanan penukaran di masing-masing loket kantor bank.

Kegiatan layanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat dengan penggunaan aplikasi PINTAR.

Selanjutnya penyelenggaraan kegiatan layanan penukaran uang Bersama dengan perbankan yang akan dilaksanakan 10 sampai 13 April 2023 di Alun – alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang.

BI memprediksi kebutuhan uang rupiah perbankan selama momen Ramadhan dan Idul Fitri di Kepulauan Bangka Belitung turun drastis dibandingkan tahun lalu.

Penurunan diproyeksikan mencapai Rp 200 miliar dari Rp 1,4 triliun menjadi Rp 1,2 triliun atau minus 14 persen.


Kepala Perwakilan BI Kepuluan Bangka Belitung Faturachman mengatakan, proyeksi kebutuhan uang rupiah perbankan periode lebaran 2023 sebesar Rp 1,2 triliun dengan rincian Rp 930 miliar untuk wilayah Pulau Bangka dan Rp 282 miliar untuk wilayah Pulau Belitung.

"Proyeksi tahun ini jika dibandingkan dengan realisasi outflow Ramadhan 2022 mengalami penurunan, hal ini tidak terlepas dari adanya penurunan harga komoditi timah yang menjadi komoditi unggulan di Bangka Belitung," kata Faturachman saat Kick-Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri di kantor BI Bangka Belitung, Senin (27/3/2023).

Faturachman mengatakan, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka menyambut Ramadhan dan Idul Fitri.

Salah satunya adalah menyediakan data kebutuhan uang perbankan secara akurat.

"Posisi Kas Siap Edar (PKSE) Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung per tanggal 20 Maret 2023 sebesar Rp 2,5 triliun, sehingga sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah periode Ramadhan dan Idhul Fitri 2023," ungkap Faturachman.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/28/105018278/cara-lokasi-dan-jadwal-penukaran-uang-di-bangka-belitung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke