Salin Artikel

Pemkab Magelang Akan Bantu Warga Terdampak Ledakan Bahan Petasan Pakai Anggaran Tak Terencana

Hal itu untuk menindaklanjuti bantuan yang akan diberikan Pemkab Magelang kepada para warga yang terdampak.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan sudah meminta jajarannya untuk mendata apa saja yang dibutuhkan oleh warga terdampak ledakan bahan petasan tersebut.

"Untuk laporan sementara ada 11 rumah yang terdampak, tapi kerusakannya berbeda-beda. Selanjutnya akan dilaporkan ke Bupati Magelang untuk segera ditindak lanjuti," kata Nanda, Selasa (28/3/2023).

Menurutnya, bantuan penanganan kejadian ini akan dialokasikan dari anggaran bantuan sosial tidak terencana.

Sejauh ini, bantuan berupa logistik dan perlengkapan pembersihan puing-puing sudah disuplai oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang.

"Kalau penanganan pakai bantuan sosial tidak terencana. Pada prinsipnya kalau membutuhkan (bantuan), Pemda siap membantu," ucap Nanda.

Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi menyatakan, sudah mengajak jajarannya bersama TNI dan unsur Pemkab Magelang serta masyarakat untuk bergotong-royong membersihkan puing-puing rumah sisa ledakan.

"Kita koordinasi dengan Kapolresta Magelang, Dandim 0705/Magelang, Bupati nanti untuk kerja bakti terkait masyarakat yang terdampak ledakan," ujar Luthfi.

Dia telah memastikan lokasi ledakan sudah bersih dari sisa-sisa bahan petasan sehingga aman saat masyarakat bergotong-royong.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Wasono menyatakan sudah berkoordinasi dengan Forkompimda terkait pembersihan rumah-rumah yang rusak terkena ledakan bahan petasan.

Pihaknya mencatat ada 28 rumah yang terdampak ledakan bahan petasan itu, meliputi rusak berat ringan dan sedang. Data awal tersebut masih perlu dikaji untuk penanganan lebih lanjut.

"Sebanyak 28 ruang terdampak dari ledakan yang diakibatkan bahan mercon. Jadi, sudah kami koordinasikan dengan Forkompimda untuk dilaksanakan pembersihan sampai waktu yang tidak ditentukan. Untuk nilai kerugian dan kerusakan masih kami lakukan pendataan," tandas Edi.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/28/104519478/pemkab-magelang-akan-bantu-warga-terdampak-ledakan-bahan-petasan-pakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke