Salin Artikel

Ada 900 Kursi Mudik Gratis dari Banten, Ini Waktu Pendaftaran dan Lokasi Tujuannya

Warga Banten yang ingin memanfaatkan program mudik gratis bisa mendaftarkan diri secara online, dan akan diinformasikan melalui website dishub.bantenprov.go.id.

Pendaftaran pulang kampung itu akan dibuka mulai 3 April 2023.

Sebanyak 20 unit armada bus disiapkan untuk mengantarkan masyarakat Banten ke sejumlah daerah tujuan seperti Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Barat, Yogyakarta dan Provinsi Lampung. 

Sedangkan untuk jadwal keberangkatan, Pemprov Banten masih mendiskusikannya agar masyarakat merasakan manfaatnya.

“Masyarakat Banten silakan memanfaatkan pelayanan ini, agar mudik lebaran tahun ini bisa lebih nyaman dan aman sampai ke kampung halaman,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar kepada wartawan di Pendopo Gubernur Banten, Senin (27/3/2023).

Dijelaskan Al, program mudik gratis dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Muktabar juga mengimbau kepada seluruh perusahaan yang ada di Provinsi Banten, agar bersama-sama membuka atau melaksanakan program mudik gratis untuk karyawannya.

“Kita akan mengkomunikasikannya dengan perusahaan,” ujar Muktabar.


Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau pemilik pabrik-pabrik untuk membuka mudik gratis.

Hal itu, kata Budi dilakukan untuk menekan jumlah pemudik kendaraan roda dua di jalanan, dan dinilai efektif mengurai kepadatan.

Budi memprediksi jumlah pemudik 2023 mencapai lebih dari 120 juta pemudik atau melonjak hingga 50 persen dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan survei yang diadakan Kemenhub, ada 20 persen pemudik yang akan menggunakan sepeda motor.

Sementara itu, 22 persen pemudik akan menggunakan mobil pribadi.

Untuk mengantisipasi banyaknya penggunaan mobil pribadi dan motor, pemerintah mengupayakan mudik gratis untuk masyarakat.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/28/053446478/ada-900-kursi-mudik-gratis-dari-banten-ini-waktu-pendaftaran-dan-lokasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke