Salin Artikel

Polda Gorontalo Gelar Tahlilan Mendoakan Briptu RF, Ajudan Kapolda yang Tewas di Mobil Dinas

GORONTALO, KOMPAS.com – Kematian Briptu Rulli Firmansyah (RF) anggota polisi yang bertugas di Staf Pribadi Pimpinan (Spripim) Polda Gorontalo membawa duka mendalam bagi Kapolda Gorontalo Helmy Santika.

Irjen Pol Helmy Santika bahkan menggelar tahlilan untuk mendoakan Briptu Rulli.

Tahlilan ini dirangkaian dengan pembacaan Surat Yasin yang digelar bersama keluarga Briptu RF di rumah dinas Kapolda Minggu malam (26/3/2023).

Perwakilan keluarga yang mengikuti tahlilan terdiri dari kakak dan adik kandung Briptu RF serta beberapa pamannya.

Pejabat Utama Polda Gorontalo terlihat hadir di antaranya Wakapolda Brigjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi dan Irwasda Kombes Pol. Herry Purnomo.

Selain di rumah dinas Kapolda, tahlilan juga digelar di rumah sakit (Rumkit) Bhayangkara Polda Gorontalo tempat disemayamkan jenazah Briptu RF.

Di rumah sakit ini tahlilan diawali pembacaan surat Yasin yang dibawakan secara bersama oleh anggota Spripim, satuan Sabhara dan Biro SDM Polda Gorontalo.

Sebelumnya diberitakan seorang polisi yang bertugas di Staf Pribadi Pimpinan (Spripim) Polda Gorontalo berinisial Briptu RF ditemukan tewas di jalan Gorontalo Outing Ring Road (GORR).

Kematian Briptu RF ini diduga akibat bunuh diri yang dilakukan di dalam mobil dinas Polri Nopol 1214-XXIX.

Mobil ini terparkir di tepi jalan Desa Ombulo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.

Penemuan mobil polisi yang di dalamnya terdapat anggota polisi yang diduga bunuh diri ini menggembarkan desa. Aparat Desa Ombulo kemudian melaporkan kejadian ini kepada Polsek setempat.

Menurut Wahyu Tri Cahyono, Kabid Humas Polda Gorontalo, kronologi kejadian penemuan mayat anggota polisi berawal pada Sabtu pagi pukul 05.49 Wita, Kanit Intelkam Polsek Limboto Barat Aiptu Sarifudin mendapat informasi melalui telepon dari Kepala Desa Ombulo.

Kepala desa melaporkan di jalan GORR Dusun I Desa Ombulo terdapat sebuah mobil dinas Polri dengan plat nomor 1214-XXIX, yang terparkir dengan mesin mobil dalam keadaan hidup dan sudah terparkir sejak Jumat sore (24/3/2023).

“Atas informasi tersebut, Kanit Intelkam Polsek Limboto Barat langsung beritahukan peristiwa tersebut melalui WA grup Polsek, dan menghubungi Piket Polsek Limboto Barat untuk mendatangi tempat kejadian perkara (TKP),” ujar Wahyu Tri Cahyono.

Sesampainya di TKP, ditemukan mobil dinas Polri yang mesinnya masih hidup, namun mobil tersebut terkunci dari dalam dan di lokasi tersebut sudah dikerumuni warga masyarakat.

Berselang 10 menit kemudian, mobil patroli Satlantas Polres Gorontalo tiba di lokasi TKP kemudian mengamankan lokasi, yang selanjutnya memecahkan kaca mobil tersebut.

Mereka menemukan seorang laki-laki dalam keadaan meninggal dunia dengan luka tembak pada bagian dada sebelah kiri, senjata api (senpi) ditemukan di dekat handle rem tangan. 

https://regional.kompas.com/read/2023/03/27/180103478/polda-gorontalo-gelar-tahlilan-mendoakan-briptu-rf-ajudan-kapolda-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke