Salin Artikel

Pertamina Sebut Tak Ada Tumpahan Minyak akibat Kebakaran Kapal MT Kristin di Pantai Ampenan NTB

"Hasil pantauan sementara tidak terdapat tumpahan minyak di perairan (lokasi kejadian)," kata Pjs Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Taufiq Kurniawan dalam keterangan tertulis.

Disampaikan Taufiq, jika nantinya ditemukan tumpahan minyak, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dampak pencemaran minyak tersebut.

"Untuk antisipasi di sekitar kapal telah dipasang oil boom dari Patra Niaga Ampenan agar apabila terdapat tumpahan mampu di lokalisasi," kata Taufiq.

Diberitakan, Kapal MT. Kristin Surabaya yang  terbakar di lepas Pantai Kelurahan Bintaro itu membawa 5.900 kilo liter (kl) BBM jenis pertalite, Minggu (26/3/2023)

Menurut dia, Kapal tersebut sedianya akan mengeluarkan muatan (loading) di Terminal BBM Ampenan sebesar 2.700 kiloliter pertalite.

"Setelah selesai loading di Terminal BBM Ampenan, kapal akan melanjutkan perjalanan untuk loading kembali di Terminal BBM Sanggaran Bali sebesar 2.300 KL," ujarnya.

Taufiq mengimbau, masyarakat tidak perlu khawatir terkait ketersediaan BBM di Ampenan dan Sanggaran.

Saat ini, kata dia, stok di Terminal BBM Ampenan sebanyak 3.200 kiloliter untuk kebutuhan selama tiga hari. Sementara di Terminal BBM Sanggaran, Bali, stok sebanyak 4.200 kiloliter untuk kebutuhan selama empat setengah hari.

Guna menjaga ketahanan stok BBM, Pertamina juga melakukan upaya pengalihan supply.

Untuk Terminal BBM Ampenan akan dilakukan pengalihan supply dengan kapal MT Olivya yang berkapasitas muatan 2.500 kiloliter. Posisi kapal saat ini di perairan barat Kabupaten Bima.

Sementara untuk Terminal BBM Sanggaran akan dilakukan alih supply melalui darat dari Stasiun BBM Manggis Bali.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/27/053227478/pertamina-sebut-tak-ada-tumpahan-minyak-akibat-kebakaran-kapal-mt-kristin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke