Salin Artikel

Tarawih Perdana di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo: Akan Digelar Malam ini, 23 Rakaat

Member of Imam Besar Masjid Raya Sheikh Zayed, Anas Farkhani menjelaskan, shalat tarawih perdana, dengan total kapasitas 10.000 orang.

"Shalat Tarawih, 23 rakaat setiap harinya, jadi kemungkinan hanya 1 jam," kata Anas Farkhani, pada Rabu.

Selama 30 hari di Bulan Ramadhan, setiap harinya Imam Shalat Tarawih, bergantian dari Iman asal Indonesia dengan Uni Emirat Arab (UEA).

"Iman bergantian hari ini imam dari Indonesia, besok Imam UEA, ada jadwalnya," jelasnya.

Untuk itu, ia menimbun masyarakat yang ingin melakukan Shalat Tarawih untuk tertib, mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

"Monggo, kalau yang mau Shalat Tarawih di masjid ini. Yang penting tertib, mengikuti aturan, jaga kebersihan jangan nyampah di mana-mana. Terus ikuti aturan pemerintah kayak misalkan, kalau parkir ikutin aturan-aturan pemerintah. Jangan memaksakan diri, karena kita punya keterbatasan tempat," jelasnya

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, juga menyediakan 6.000 sajian takjil, selama bulan Ramadhan 2023.

Mekanisme pembagian ribuan takjil menjelang waktu berbuka puasa, yang tersebar di tiga titik tenda yang disediakan di luar kawasan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

"Kita punya 3 tenda jemaah ketika berbuka bersama, tidak langsung memasuki Masjid tapi masukin tenda disana sudah disiapkan makanan dan minuman untuk buka bersama sebelum maghrib pukul 17.00 WIB," jelasnya.

Ia menjelaskan, sebelum adzan Magrib, setengah jam sebelumnya terdapat tausiah singkat.

"Setelah adzan Magrib diminta langsung untuk berbuka puasa,  langsung untuk makan makanan," ujarnya.

"Selesai makan, langsung kita masuk ke Masjid. Jadi tidak ada setelah dari salat Magrib akan kembali menyelesaikan makan karena itu akan langsung dibersihkan oleh tim masjid," lanjutnya.

Antisipasi adanya kekurangan takjil makan besar. Anas mengatakan ada minuman mineral dan kurma untuk tambahan jamaah yang tidak mendapatkan makan besar atau di luar, dengan porsi 4.000.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/22/175348078/tarawih-perdana-di-masjid-raya-sheikh-zayed-solo-akan-digelar-malam-ini-23

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke