Salin Artikel

Perampok Bank di Lampung Punya Ruko hingga Rumah Mewah Lantai Dua, Polisi Sebut Pelaku Pencandu Narkoba

Sebelumnya, Heri Gunawan juga diberitakan memiliki toko dan karyawan di Bandar Lampung.

Rumah mewah bercat putih dengan pagar rumah setinggi 2 meter lebih terlihat sepi dan tak ada aktivitas semenjak pelaku ditangkap atas perampokan bank.

Tak hanya punya rumah mewah, Heri Gunawan juga merupakan pengusaha toko sembako dan toko material bangunan di wilayah Natar, Lampung Selatan; dan Kota Bandar Lampung.

Polresta Bandar Lampung telah melakukan penggeledahan rumah pengusaha material bangunan pada Sabtu (18/3/2023) dan mengamankan sejumlah barang bukti.

Warga di sekitar rumah pelaku mengaku kaget dan tidak menyangka jika Heri Gunawan pelaku perampokan Bank Artha Kedaton Makmur Bandar Lampung.

Reni, warga setempat, mengatakan, HG telah berkeluarga, tetapi masih tinggal bersama orang tuanya di rumah mewah tersebut.

"Ya kaget juga setelah tahu pelakunya anaknya Pak Picis. Orangnya tertutup jadi banyak warga yang enggak kenal dan tidak tahu," ujar dia.

Sementara itu, Ketua RT 7 LK 3, Kelurahan Jagabaya 2, Way Halim, Bandar Lampung, Imam Khairudin membenarkan bahwa pelaku tinggal di wilayahnya.

Imam pun mengatakan bahwa keseharian keluarga pelaku tertutup dengan warga sekitar. Menurut Imam, orangtua pelaku bernama Picis sudah lama tinggal di lingkungan tersebut.

"Iya memang benar orangtuanya memang sudah lama tinggal di wialayah kami, sekitar 20 tahun lalu," imbuhnya

Imam pun mengatakan bahwa pelaku HG tinggal di rumah orangtuanya tersebut.

Namun, menurut Imam, pelaku maupun orangtuanya tersebut tidak terdaftar sebagai warganya.

Pasalnya, saat pihaknya melakukan pendataan setiap tahun, orangtua pelaku mengatakan bahwa ia dan keluarga memiliki KTP di kelurahan lain.

"Pak Picis ini juga KTP-nya sebenarnya di kelurahan lain, jadi kalau secara data sebenarnya dia bukan warga kami," kata Imam.

"Setiap tahun kan kami melakukan pendataan, nah Pak Picis ini bilang kalau KTP-nya itu ada di Kelurahan Kampung Sawah, jadi saya enggak tanya lebih lanjut," imbuhnya.

Imam melanjutkan, dirinya baru mengetahui pelaku tinggal di wilayahnya setelah peristiwa perampokan di Bank Arta Kedaton Makmur viral di media sosial.

Pelaku punya ruko

Terungkap bahwa pelaku perampokan Bank Arta, Bandar Lampung, Heri Gunawan, juga memiliki toko material Logam Jaya di Kecamatan Natar Lampung Selatan.

Ruko bangunan pelaku memiliki ukuran kisaran 200 meter persegi berwarna hijau dengan gerbang berwarna kuning.

Tetangga ruko Logam Jaya tersebut membenarkan bahwa pemilik ruko adala Heri Gunawan yang tertangkap dalam aksi perampokan kemarin.

"Iya ini punya bapak yang ditangkap kemarin, saya tidak menyangka kok dia bisa berbuat seperti itu, padahal kesehariannya baik," kata Dwi, pedagang boneka yang berdampingan dengan toko Logam Jaya, Sabtu (18/3/2023).

Ia mengatakan, pelaku memiliki sejumlah kendaraan dan sejumlah karyawan.

"Saya sering melihat mobilnya lebih dari 1 dan ruko samping itu ada 4 karyawan, ada yang jaga ruko, ada juga karyawan yang mengasuh anak," ujarnya.

Dwi melanjutkan, Ruko Logam Jaya buka dari Senin hingga Sabtu. Menurutnya, saat perampokan terjadi pada Jumat (17/3/2023), ruko tersebut masih buka.

"Kalau kemarin pagi rukonya masih buka, istri dan anaknya juga masih ada, tapi pas siang rukonya sudah tutup. Biasanya ruko ini buka setiap hari kecuali Minggu," kata dia.

Mendengar kabar tetangga rukonya merupakan pelaku perampokan, Dwi mengatakan kaget dan sempat berulang kali memastikan.

"Saya baca berita melihat pelakunya orang samping, saya sempat tidak percaya karena orangnya baik banget dan terlihat sukses," ujarnya lagi.

Namun, Dwi memastikan pemilik ruko tersebut tidak menginap di lokasi.

"Kalau ruko sudah tutup ya mereka pulang, sepertinya enggak nginep deh," imbuhnya.

Sementara Irma pedagang Petisan mengatakan hal senada, bahkan ia mengaku sempat tak percaya.

"Iya awalnya saya enggak percaya, koko itu orangnya baik dan hari kamis masih ada ruko," kata Irma.

"Dan tadi pagi ruko itu didatangi sales yang biasa mengatakan barang," tandasnya.

Pencandu narkoba

Pelaku perampokan Bank Arta Kedaton Makmur, Bandar Lampung, terbukti mengonsumsi empat jenis narkoba.

Kasat Reskrim Polresta Bandar Lampung Polda Lampung Kompol Dennis Ary Putra mengatakan, setelah pihaknya melakukan tes urine terhadap pelaku Heri Gunawan di Rumah Sakit Bhayangkara, pelaku positif narkoba.

"Di dalamnya narkoba yang positif kandunggannya ada 4 jenis yaitu, metamfetamine, morfin, amfetamin, dan benzodiazepin," jelas Dennis, Minggu (19/03/2023).

Dennis menjelaskan, kondisi pelaku sudah membaik setelah dilakukan perawatan di RS Bhayangkara Bandar Lampung.

Menurutnya, pelaku kini sudah dilakukan penahanan di Mapolresta Bandar Lampung.

"Pelaku sudah keluar dari Rumah Sakit Bhayangkara, sudah ditahan di Mapolresta Bandar Lampung untuk dikembangkan," ujar Dennis.

Diketahui sebelumnya, telah beredar pula foto pelaku memiliki kartu kuning pengguna narkoba.

Hal itu pun dibenarkan dibenarkan oleh Dir Krimum Polda Lampung Kombes Reynold saat menggelar ekspose di RS Bhayangkara pad aJunat Malam.

Menurut Reynold, pelaku memiliki kartu kuning tersebut pada 8 tahun lalu.

Namun, pihaknya masih akan melakukan pendalaman terhadap pelaku untuk menggali informasi lainnya.

Artikel ini telah tayang di TribunLampung.co.id dengan judul Penampakan Rumah Mewah Pelaku

https://regional.kompas.com/read/2023/03/21/104500878/perampok-bank-di-lampung-punya-ruko-hingga-rumah-mewah-lantai-dua-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke