Salin Artikel

20 Petak Sawah di Manggarai Timur Terendam Banjir

BORONG, KOMPAS.com – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengakibatkan 20 petak sawah milik petani di Pongkal, Desa Compang Wesang, Kecamatan Lamba Leda Selatan, terendam banjir pada Minggu (19/8/2023).

Dedi Harsali, warga setempat, menjelaskan, hujan deras itu menyebabkan Kali Wae Lawar meluap dan merendam area persawahan milik petani.

"Banjir mengakibatkan kerusakan parah bagi lahan sawah milik petani. Dari hasil pemantauan lapangan, kerusakan itu meliputi lahan padi terendam arus kali Wae Lawar," kata Harsali kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (20/3/2023).

"Adapun sawah milik petani yang menjadi korban adalah sawah milik Yosep Baji sekitar lima petak sawah, Domi Angkung empat petak sawah, Dami Don lima petak sawah, Gian empat petak sawah, Edu Meor dua petak sawah. Serta terjadinya longsor di area dekat pematang sawah yang dialami oleh Dami Don, belum lagi air yang membludak dari selokan yang mengakibatkan padi milik Kani terendam air," jelasnya.

Harsali menjelaskan, cuaca hujan deras yang menyebabkan Kali Wae Lawar meluap baru pertama kali terjadi. Menurutnya, petani yang mengalami musibah ini merasa sedih.

"Hujan deras dan guntur terjadi sekitar pukul 13.20 Wita dan berhenti sekitar pukul 16.25 Wita," jelasnya.

Harsali berharap, Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur turun ke lokasi bencana dan memberikan bantuan atas kejadian ini.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Manggarai Timur, Petrus Subin mengaku belum mendapat laporan tentang kejadian banjir di Desa Compang Wesang. Meski begitu, pihaknya mengaku sedang menggelar rapat tentang bencana alam yang terjadi di Manggarai Timur.

"Saya belum dapat informasi berkaitan dengan persawahan di Desa Compang Wesang terendam banjir," kata Petrus saat dihubungi melalui sambungan WhatsApp, Senin (20/3/2023).

"Saya berterima kasih atas informasinya dan saat ini saya sedang rapat dengan seluruh kepala bidang yang berkaitan dengan bencana di Manggarai Timur. BPBD minta kepala desa setempat memberikan laporan yang berkaitan dengan bencana tersebut," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/20/085915678/20-petak-sawah-di-manggarai-timur-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke