Salin Artikel

Jelang Ramadhan, NTT Kirim 550 Sapi ke Jakarta untuk Dukung Ketersediaan Daging

Sebelum dikirim, ratusan sapi itu ditempatkan sementara di Instalasi Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

"Hari ini, sapi-sapi ini kita muat ke truk dan akan dibawa ke kapal Cemara Nusantara (CN) 1," ujar Kepala Balai Karantina Pertanian kelas I Kupang, NTT, Yulius Umbu Hunggar, saat acara pelepasan secara simbolis ternak sapi pada kapal CN1 di Pelabuhan Tenau Kupang, Minggu (12/3/2023).

Yulius menjelaskan, sapi yang dikirim ini melalui proses yang cukup panjang yakni masa karantina selama 14 hari dan perlakuan-perlakuan lainnya di dalam kandang.

Termasuk juga, ketika keluar dari kandang, sapi yang dimuat dalam truk melewati ruang penyemprotan disinfektan.

Bukan hanya itu, saat hendak masuk kapal, akan ada penyemprotan disinfektan.

Menurut Yulius, hal itu dilakukan agar ternak sapi yang dikirim ke Jakarta, tetap steril dari penyakit.

"Sekarang sementara proses pemuatan di kapal dan pengiriman sapi ini perdana jelang bulan Ramadhan," ujar Yulius.

Rencananya, kapal yang memuat sapi akan bertolak dari Kupang pada 15 Maret 2023 dan tiba di Jakarta pada 21 Maret 2023.

Saat tiba di Jakarta, ratusan sapi tersebut akan diterima oleh Menteri Pertanian Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Yulius mengatakan, pengiriman ratusan sapi ini merupakan momen yang tepat bagi NTT, khusus peternak di NTT dan para pelaku usaha yang terkait dengan pengiriman ternak.

"Ini momen karena diterima langsung oleh pejabat tinggi. Ini indikasi bahwa ternak potong asal NTT benar benar dipercaya dan diminati," ujar dia.

Apalagi, lanjut dia, NTT menjadi satu-satunya provinsi pemasok ternak nasional yang hingga saat ini bebas penyakit.

Sehingga setelah ini, kemungkinan permintaan sapi asal NTT akan meningkat, bukan hanya di Jakarta saja, tetapi kota lainnya di Indonesia.

"Animo permintaan ternak ini tentu sebagai pemicu kita untuk lebih memacu kita lebih giat dalam meningkatkan produksi. Sehingga kita berharap, sapi yang lahir jauh lebih tinggi jumlahnya dengan sapi yang keluar," kata Yulius. 

https://regional.kompas.com/read/2023/03/12/184726278/jelang-ramadhan-ntt-kirim-550-sapi-ke-jakarta-untuk-dukung-ketersediaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke