Salin Artikel

Serahkan SK Perhutanan Sosial, Jokowi: Tanahnya Dibuat Produktif, Jangan Ditelantarkan, Bisa Saya Cabut

BLORA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikat tanah untuk rayat serta surat keputusan (SK) Perhutanan Sosial dan SK Tanah Objek Reforma Agararia (TORA) di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Jumat (10/3/2023).

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta kepada warga penerima untuk memanfaatkan lahan tersebut dengan produktif.

Jokowi bakal mencabut SK tersebut apabila lahan yang ada justru ditelantarkan.

"Tolong betul-betul tanahnya dibuat produktif, jangan ditelantarkan. Sanggup? Minta-minta setelah diberi, ditelantarke. Bisa saya cabut lho ini ya kalau ditelantarkan. Setuju? Yang ditelantarkan bisa dicabut kembali, setuju," kata Jokowi di lokasi, Jumat.

Lahan tersebut, lanjut Jokowi, bisa dimanfaatkan dengan sistem agroforestri, misalnya menanam jagung dengan jati atau jagung dengan mahoni.

"Njenengan saget tanduri agroforesti. Jagung kaleh jati, saget. Jagung kaleh mahoni. Dirembug mawon nanti supaya semuanya bisa berjalan beriringan," pesan Jokowi.

Jokowi menyampaikan, hari ini menyerahkan 1.160 sertifikat. Dari jumlah itu, masih ada sekitar seratusan sertifikat yang belum jadi.

"Tetapi 1.043 sertifikat sudah diserahkan kepada bapak ibu sekalian," ujar Jokowi.

Sebelumnya, setelah blusukan di Pasar Menden, Presiden Jokowi melanjutkan kunjungan kerja dengan membagikan sertifikat tanah di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, pada Jumat (10/3/2023).

Jokowi menyerahkan sertifikat tanah untuk rayat serta surat keputusan (SK) Perhutanan Sosial dan SK Tanah Objek Reforma Agararia (TORA) kepada penerima.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/10/114922778/serahkan-sk-perhutanan-sosial-jokowi-tanahnya-dibuat-produktif-jangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke