Salin Artikel

MC Kondang Solo Muhammad Taufik Widodo Meninggal, Pandu Acara Semua Anak Jokowi

Taufik sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Surakarta karena sakit ginjal.

Teman duet Taufik, Sarie Nugraha, mengaku merasa sangat kehilangan atas meninggalnya Taufik. Menurut Sarie, Taufik sudah tiga kali dipercaya menjadi pembawa acara pada pernikahan anak Jokowi.

Pertama pada saat Presiden Jokowi menikahkan putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda. Kemudian pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, dan terakhir Kaesang Pangarep dengan Erina S Gudono.

"Mas Taufik itu tiga kali (jadi pembawa acara). Dari Mas Gibran, Mbak Kahiyang dan Mas Kaesang. Masa Taufik dengan saya terus," kata Sarie dihubungi Kompas.com di Solo, Jawa Tengah, Jumat (3/3/2023).

"Sempat dirawat di rumah sakit terus pulang baru beberapa hari. Sempat tidak sadar terus kemarin siang dibawa ke IGD PKU di sana sudah baik (kondisinya). Saya nengok juga respon. Sorenya masuk IGD terus malam dengar kabar tidak ada," ungkap Sarie.

Selain pembawa acara pernikahan keluarga Jokowi, kata Sarie, Taufik merupakan pegawai di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Surakarta.

"Mas Taufik di RRI sebagai penyiar. Kepribadian Mas Taufik itu baik, suka menolong, ramah, bahkan ketika dia MC itu tidak pernah minta fee sekian, tidak. Orangnya itu entengan. Dia Juni harusnya pensiun," kata Sarie yang juga Kasi Siaran LPP RRI Surakarta.

Taufik merupakan pembawa acara senior di Solo. Sudah sering Taufik didapuk untuk membawakan acara sederet tokoh nasional. Taufik tidak pernah membeda-bedakan siapa yang mengundang dirinya untuk mengisi acara itu.

Selain pembaca acara pernikahan, Taufik juga pernah diminta membawakan acara pada 1.000 hari meninggalnya Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo.

"Ketika ada orang punya kerja dari pejabat sampai sopir becak aja itu mesti berangkat. Tidak membeda-bedakan," ungkap dia.

Pria kelahiran 24 Mei 1965 ini sudah dipercaya keluarga Jokowi untuk membawakan acara sejak bergabung dalam paket vendor katering Chili Pari yang merupakan milik Gibran.

Sehingga setiap ada kegiatan di keluarga Jokowi, Taufik selalu dilibatkan untuk menjadi pembawa acaranya.

"Dalam kegiatan keluarganya Pak Jokowi, Mas Taufik sering terlibat. Entah itu dari keluarganya Pak Jokowi, atau saudaranya, kakaknya, adiknya Pak Jokowi sering terlibat," terang dia.

Taufik meninggalkan lima orang putra dan tiga cucu. Jenazah Taufik dimakamkan di tempat pemakaman umum Astana Loyo Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat pukul 13.00 WIB.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/03/141116378/mc-kondang-solo-muhammad-taufik-widodo-meninggal-pandu-acara-semua-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke