Salin Artikel

Sejumlah Bocah SD di Purworejo Diberi Uang oleh Orang Tak dikenal, Rata-rata Dapat Rp 100.000

Pihak sekolah mengeluarkan surat edaran kepada wali murid agar lebih berhati-hati. Sampai saat ini ada delapan anak yang menerima pemberian uang dari orang tak dikenal tersebut.

Pemberian uang secara cuma-cuma tersebut dinilai mencurigakan. Pasalnya, orang tak dikenal tersebut menutup pelat nomor kendaraan yang digunakan menggunakan plester berwarna hitam agar tak diketahui.

"Izin melaporkan, telah terjadi modus pendekatan terhadap 8 siswa didik kami yang Bernama M (kelas 6), FH (Kelas 6), SP (Kelas 6), KA (Kelas 4), TN (Kelas 5), RI (Kelas 5), YN (Kelas 5), DS (Kelas 5) di lokasi sekitaran jembatan buh pepet ngandul, Jenarwetan dan area bakungan," tulis surat tersebut yang diterima KOMPAS.com pada Selasa (28/2/2023).

Surat tersebut ditandatangani oleh Kepala sekolah SD setempat berinisial IP. Saat dikonfirmasi dikantornya, IP mengatakan, setiap anak rata-rata diberi uang Rp 100.000. Selain itu orang tak dikenal tersebut berpesan agar membagikan uang tersebut dengan teman-teman yang lain. 

"Awalnya saya mendapat informasi dari guru di sini bahwa ada anak-anak yang diberi uang dari orang tak dikenal. Setelah itu saya kumpulkan anak-anak dan saya berikan arahan, saat itu ada 8 yang mengaku diberi uang," kata IP.

Pemberian uang oleh orang tak dikenal ini bukan hanya satu kali tapi beberapa kali. Terkait motif, dia mengaku belum mengetahuinya.

Dia mengatakan orang tak dikenal itu memiliki ciri-ciri yakni seorang ibu menggunakan motor matik warna hitam, dengan pelat motor yang ditutup plaster hitam.

Kejadian pemberian oleh orang tak dikenal itu rata-rata dilakukan pada sore hari sekitar pukul 14.00-15.00 WIB, saat anak-anak sedang bermain. Ada juga yang diberi uang saat pagi hari sebelum berangkat sekolah.

Bahkan, ada dua anak yang ditawari untuk diantar ke rumah saat berjalan kaki sepulang sekolah. Kedua anak itu menolak diantar dan langsung pergi meninggalkan orang tak dikenal itu.

"(Surat edaran) ini sudah saya share ke grub guru se-Purwodadi, ke grub kepala sekolah, ke Korwil dan sudah saya laporkan resmi ke Polsek serta kepala desa dan wali murid," kata IP.

"Saya imbau kepada wali murid, tolong untuk menjaga anaknya lebih intensif lagi karena seolah-olah sekolah kita menjadi sasaran atau modus. Semoga kedepan tidak terjadi apa-apa," kata IP.

Sementara itu, Kapolsek Purwodadi Iptu Ponijo membenarkan tentang adanya surat yang beredar tersebut. Pihaknya sudah melakukan pengecekan di lapangan terkait adanya orang tak dikenal yang memberikan uang.

Ia menyebut, kejadian itu waktunya tidak bersamaan. Pihaknya saat ini juga sudah melakukan patroli di wilayah yang diduga sebagai lokasi pemberian uang oleh orang tak dikenal.

"Kita sudah melakukan patroli di daerah tersebut. Itu waktunya tidak bersamaan kadang-kadang berjarak beberapa bulan terus ketemu dan ngasih uang. Kalau motifnya belum diketahui," kata Ponijo.

"Saya menyarankan untuk warga khususnya anak-anak kalau lewat jalan itu jangan sendirian. Karena jalan itu memang sepi," tambah Ponijo.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/28/175331578/sejumlah-bocah-sd-di-purworejo-diberi-uang-oleh-orang-tak-dikenal-rata-rata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke