Salin Artikel

Stok Blangko E-KTP Menipis, Dukcapil Sampang Terbitkan Suket sebagai Pengganti Sementara

Untuk itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat akhirnya menerbitkan surat keterangan (suket) pengganti e-KTP untuk sementara waktu.

"Berdasarkan data, kami sudah menerbitkan lebih dari empat ribu suket untuk masyarakat sebagai pengganti e-KTP," kata Plt Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Sampang Nor Alam dalam keterangannya, Jumat (24/2/2023).

Nor Alam menjelaskan, menipisnya blangko e-KTP di Kabupaten Sampang sudah terjadi sejak akhir 2022.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga sudah menyurati seluruh daerah termasuk Kabupaten Sampang untuk membatasi pencetakan e-KTP hingga 5 Januari 2023.

Namun hingga saat ini blangko belum tersedia sesuai kebutuhan meski Kemendagri sudah mengalokasikan dengan jumlah terbatas.

"Hingga kini, blangko e-KTP hanya cukup untuk satu pekan saja," tuturnya.

Untuk mengatasi menipisnya blangko tersebut, lanjut Nor Alam, pihaknya akan terbang ke Jakarta untuk mengambil blanko yang sudah dialokasikan oleh kemendagri.

Kabupaten Sampang sendiri, mendapat jatah sekitar 10 ribu lembar yang akan dialokasikan secara bertahap yang di antaranya tahap pertama sekitar empat ribu blanko, tahap kedua empat ribu blanko, yang ketiga diberikan dua ribu blanko.

"Pekan depan kita akan ke Jakarta untuk mengambil blangko. Jadi tidak ada lagi kekosongan blangko, dan yang terlanjur memakai suket (pengganti e-KTP) bisa diganti ke e-KTP," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/24/190248478/stok-blangko-e-ktp-menipis-dukcapil-sampang-terbitkan-suket-sebagai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke