Salin Artikel

Logistik WSBK Akan Diangkut melalui Jalur Laut dan Udara ke Mandalika

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Logistik balapan World Superbike (WSBK) yang akan digelar pada Maret 2023 mendatang akan diangkut melalui dua jalur, yakni jalur udara dan laut.

Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengungkapkan, kedatangan logistik WSBK ini tidak seperti WSBK tahun sebelumnya yang semuanya diangkut menggunakan pesawat.

Andi, sapaan akrab Priandhi Satria, menyebut, penggunaan dua jalur itu merupakan keinginan dari Dorna. MGPA lalu memberikan kesempatan kepada AP Logistik selaku perusahaan BUMN yang pengalaman menangani kegiatan internasional.

“Ini merupakan kesempatan baik bagi perusahaan BUMN dalam menangani logistik event berskala internasional. Untuk ke depannya, tetap mengacu pada masukan dari Dorna, serta dari WSBK juga karena Dorna sendiri yang menentukan,” kata Andi, Kamis (9/2/2023).

Andi mengatakan, sejumlah logistik WSBK nantinya akan dikirim ke beberapa pelabuhan internasional di Indonesia.

“Untuk logistik WSBK 2023 ini cukup banyak, baik yang melalui Pelabuhan Surabaya, Tanjung Priok, dan Pelabuhan Udara di Bali,” kata Andi.

Andi menjelaskan bahwa untuk tipe barang yang akan dikirimkan melalui jalur laut berupa kebutuhan pendukung. Sementara logistik yang dikirim melalui pesawat merupakan logistik krusial para pebalap, seperti motor.

“Kalau yang dari laut ini biasanya seperti baju, ban, meja, kebutuhan pendukung. Sedangkan yang lewat udara ini kebutuhan krusial seperti motor pebalap,” kata Andi.

AP Logistik nantinya akan bertanggung jawab penuh terhadap barang yang masuk ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika hingga kemudian keluar ke negara tujuan balapan WSBK selanjutnya.

“AP Logistik mengangkut barang-barang dari pelabuhan tersebut, sampai di Mandalika untuk dipakai balap. Kemudian setelah event selesai, mereka mengemas barang-barangnya ini, dan membawa sampai ke pelabuhan untuk selanjutnya mengirin ke negara WSBK berikutnya,” kata Andi.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/09/202440378/logistik-wsbk-akan-diangkut-melalui-jalur-laut-dan-udara-ke-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke