Salin Artikel

Setelah 15 Pekerja Bangunan Dievakuasi, TNI-Polri Fokus Selamatkan Pilot Susi Air

Pilot tersebut diduga dibawa oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya. 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo memastikan bahwa TNI-Polri terus memantapkan langkah-langkah dalam upaya menemukan pilot asal Selandia Baru tersebut.

"Upaya dari kepolisian sedang memfokuskan langkah-langkah terbaik untuk pencarian dan penyelamatan pilot. Di sini kita terbatas jaringan telekomunikasi, namun kita tetap berupaya mengoptimalkan pencarian," ujarnya di Timika, Kamis (9/2/2023).

Ia mengakui bahwa minimnya jaringan telekomunikasi membuat pencarian semakin sulit.

Sebab, tidak ada pihak yang bisa dimintai keterangan mengenai situasi di lapangan.

Karenanya, peran pemerintah daerah yang bisa menggalang para tokoh agama dan masyarakat menjadi sangat penting.

"Kami juga terus menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah agar dapat mendorong tokoh-tokoh agama dan masyarakat berkomunikasi dengan KKB agar melepas pilot tersebut. Segala upaya akan dilakukan untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat," kata Benny.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Susi Air dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan, Selasa (7/2/2023) pagi.

Founder Susi Air, Susi Pudjiastuti, mengatakan, pesawat PK-BVY mendarat di Lapangan Terbang Paro dalam keadaan selamat.

"Pesawat sudah dibakar, confirm landing baik bukan accident atau crash. Sedang dicari tahu kondisi pilot dan penumpang," katanya, Selasa.

Sementara itu, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen M. Saleh Mustafa memastikan bahwa pilot Susi Air PK-BVY Philips Marthen (37) saat ini dibawa oleh KKB.

"(Pilot) Dibawa oleh kelompok EK (Egianus Kogoya)," ujarnya melalui pesan singkat, Selasa.

Diketahui kemudian bahwa peristiwa pembakaran pesawat terkait dengan pengancaman yang dilakukan KKB terhadap 15 pekerja bangunan yang tengah membangun Puskesmas Paro pada Sabtu (4/2/2023).

Satgas Gabungan Operasi Damai Cartenz akhirnya berhasil mengevakuasi 15 pekerja tersebut ke Mimika pada Rabu (8/2/2023) sore.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/09/082052278/setelah-15-pekerja-bangunan-dievakuasi-tni-polri-fokus-selamatkan-pilot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke