Salin Artikel

Status Gunung Karangetang di Sitaro Sulut Naik Jadi Siaga

MANADO, KOMPAS.com - Status aktivitas Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut), dinaikkan dari level II atau waspada menjadi level III atau siaga.

Status siaga Gunung Karangetang terhitung mulai Rabu (8/2/2023) pukul 16.00 WIB.

"Hasil evaluasi aktivitas vulkanik secara visual dan kegempaan menunjukan terjadi peningkatan aktivitas, dan dinilai tingkat aktivitas Gunung Karangetang dinaikkan dari level II (waspada) menjadi level III (siaga), terhitung mulai tanggal 8 Februari 2023 pukul 16.00 WIB," kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM Muhammad Wafid dalam keterangan tertulis, Rabu malam.

Dalam tingkat aktivitas siaga, masyarakat, pengunjung atau wisatawan serta pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 2,5 kilometer dari kawah Utama serta 3,5 kilometer pada sektor selatan dan tenggara.

"Pemantauan secara intensif tetap dilakukan guna mengevaluasi kegiatan Gunung

Karangetang oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi," ujarnya.

Masyarakat di sekitar Gunung Karangetang diharap tenang tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Karangetang, dan agar senantiasa mengikuti arahan dari BPBDProvinsi Sulawesi Utara dan BPBD Kabupaten Sitaro.

"Pada musim hujan masyarakat yang tinggal di sepanjang bantaran sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar mewaspadai bahaya sekunder berupa ancaman aliran lahar," imbaunya.

"Pemerintah Daerah senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Karangetang di Desa Salili, Kecamatan Siau Tengah, Kabupaten Sitaro atau dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi," tambahnya.

Muhammad Wafid menjelaskan, berdasarkan pengamatan visual, selama perioda 1 Januari 2023, Gunung Karangetang sering berawan hingga mendung kadang tertutup kabut, pada saat jelas teramati asap kawah utama putih dan kelabu dengan intensitas tipis hingga tebal, tinggi berkisar antara 25-150 meter di atas puncak, dari Kawah II asap kawah putih tipis-tebal tinggi maksimum 75 meter.

"Pada malam hari teramati api diam hanya di tubuh kubah Kawah Utara. Terjadi guguran namun secara visual jarak dan arah luncuran tidak teramati," sebutnya.

Kemudian, perioda 1-7 Februari 2023, Gunung Karangetang sering berawan hingga mendung kadang tertutup kabut, pada sat jelas teramati asap kawah utama putih sedang, tinggi sekitar 100 meter di atas puncak.

Sedangkan di kawah utara teramati asap kawah putih sedang, tinggi sekitar 50 meter di atas kubah, api diam pada tubuh kubah mash terjadi.

"Guguran terjadi dari kawah Utama meluncur ke kali Batuawang dan kali Batang sejauh 800 meter serta ke Kali Beha barat sejauh sekitar 1000 meter dari puncak," katanya.

Untuk kegempaan, jenis gempa yang terekam selama perioda Januari 2023 adalah sebagai berikut: terekam 71 kali gempa guguran, 52 kali gempa hembusan, 8 kali tremor non-harmonik, 94 kali gempa hybrid/fase banyak, 19 gempa vulkanik dangkal, 152 gempa vulkanik dalam, 44 kali gempa tektonik lokal, 10 kali gempa terasa, dan 371 kali gempa tektonik jauh.

Pada perioda 1-7 Februari 2023 terekam 162 kali gempa guguran, 54 kali gempa hembusan, 66 kali gempa fase banyak, 3 kali gempa vulkanik dangkal, 23 kali gempa vulkanik dalam, 3 kali gempa tektonik lokal, 1 kali gempa terasa (MMI I) dan 42 kali gempa tektonik jauh.

Dari hasil evaluasi, pengamatan visual terhadap tinggi kolom asap masih belum menunjukan adanya perubahan yang signifikan, tinggi kolom asap umumnya mash berkisar antara 50-150 meter di atas puncak.

"Namun kejadian guguran pada kawah Utama semakin meningkat sejak 4 Februari 2023. Guguran lava meluncur ke arah kali Batang, kali Batuawang serta kali Beha barat sejauh sekitar 1.000 meter dari puncak, sinar api masih belum tampak, suara gemuruh guguran lava kadang terdengar di pos," ujarnya.

Kondisi kawah Utara masih tampak adanya api diam pada tubuh kubah lava, asap kawah belum mengalami perubahan yang signifikan.

"Berdasarkan data instrumental, gempa guguran menunjukan peningkatan sejak 18 Januari 2023, dan semakin meningkat pada 6 Februari 2023 sehingga terekam sebanyak 43 kejadian, dan pada 7 Februari 2023 gempa guguran meningkat menadi 62 kejadian per hari," tuturnya.

Kondisi terjadinya guguran yang meningkat menunjukkan peningkatan suplai magma ke permukaan yang menyebabkan penambahan material kubah dan juga ketidakstabilan pada kubah lava.

"Pergerakan magma kepermukaan dalam laju rendah ini kemungkinan akan dikuti dengan terjadinya erupsi efusif," jelas Muhammad Wafid.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/08/200304978/status-gunung-karangetang-di-sitaro-sulut-naik-jadi-siaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke