Salin Artikel

Hasil Musra Jateng: Ganjar Unggul Tipis dengan Prabowo, Mahfud MD Kembali Ke-3 Besar Cawapres

SEMARANG, KOMPAS.com - Nama Ganjar Pranowo unggul tipis dengan Prabowo Subianto pada penyelenggaraan Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia relawan Joko Widodo (Jokowi) di Hotel UTC, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Sementara Mahfud MD kembali masuk tiga besar radar cawapres favorit pilihan gabungan relawan Jokowi.

Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea mengatakan, nama Prabowo Subianto naik saat dilakukan acara Musra di Jateng yang merupakan kandang Ganjar Pranowo.

"Jawa Tengah luar biasa. Selain ramai, juga banyak kejutan. Prabowo melonjak di kandang Ganjar. Meski Ganjar teratas, tapi bedanya tipis sekali," kata Andi melalui keterangan resminya pada Rabu (8/2/2023).

Dia mengatakan, untuk calon presiden (capres), Ganjar Pranowo di posisi pertama dengan meraih 32,13 persen.

Disusul Prabowo Subianto 31,06 persen dan Moeldoko 13,86 persen.

"Dilanjutkan Airlangga Hartanto 11,99 persen, Mahfud MD 3,97 persen, Ridwan Kamil 2,09 persen, Anies Baswedan 1,52 persen, Yusril Ihza Mahendra 0,86 persen, Erick Thohir 0,77 persen, Muhaimin Iskandar 0,64 persen, dan nama lainnya 1,11 persen," ujar dia.

Sedangkan calon wakil presiden (cawapres) Ganjar juga duduk di posisi atas dengan angka 33,52 persen.

Disusul Moeldoko 21,18 persen, Mahfud MD 16,11 persen, Arsjad Rasjid 9,94 persen, Sandiaga Uno 9,48 persen, Erick Thohir 2,65 persen, Ridwan Kamil 2,40 persen, Puan Maharani 1,85 persen, Muhaimin Iskandar 1,16 persen, Gibran Rakabuming Raka 0,66 persen, dan nama lainnya 1,05 persen.

"Tiga besar capres sejauh ini, Ganjar dan Prabowo saling salip. Ada juga nama Airlangga. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga, Arsjad paling konsisten. Ada juga nama Moeldoko," ungkap dia.


Andi mengatakan, seluruh hasil Musra sejauh ini sudah dilaporkan ke Jokowi.

Dia menuturkan, puncak Musra diperkirakan akan berlangsung di pertengahan Maret di Jakarta.

Di puncak Musra akan diumumkan tiga nama capres dan lima nama cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra.

Andi Gani menambahkan, sepengetahuannya sebagai relawan Jokowi sejak dulu, Presiden masih membuka dukungannya ke semua pihak dan belum memastikan dukungan ke salah satu calon.

"Presiden belum menentukan dukungan. Masih terbuka ke banyak sosok. Beliau mendukung semua sosok untuk berkompetisi, seperti Pak Ganjar, Pak Prabowo, Pak Airlangga. Belum ada dukungan definitif," ujar dia.

Penanggung Jawab Musra Budi Arie Setiadi mengungkapkan, Ganjar dan Prabowo amat ketat bersaing di Jateng.

"Antusiasme Jateng tinggi. Ganjar dan Prabowo sangat tipis. Beda 100 suara. Saya pikir akan telak memang Ganjar. Penjelasannya mungkin mesin relawan sudah bekerja. Artinya, ini miniatur pemilu. Semua sudah mengerahkan massa. Siapa pun boleh mengerahkan massa dan amat terbuka di Musra," tuturnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/08/154955578/hasil-musra-jateng-ganjar-unggul-tipis-dengan-prabowo-mahfud-md-kembali-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke