Salin Artikel

TNI Polri Mulai Evakuasi 15 Pekerja yang Sempat Diancam oleh KKB Egianus Kogoya

Proses evakuasi dilakukan menggunakan tiga unit helikopter yang diterbangkan dari Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

"Telah dilaksanakan kegiatan evakuasi terhadap 15 pekerja pembangunan Puskesmas di Distrik Paro yang dilakukan oleh Aparat Gabungan TNI-Polri dengan menggunakan tiga unit helikopter," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, di Mimika, Rabu (8/2/2023).

Menurut dia, saat ini sudah ada sebagian pekerja yang telah berhasil diterbangkan ke tempat yang lebih aman, yaitu Distrik Kenyam.

"Saat ini proses evakuasi sudah berjalan dan sebagian dari pekerja tersebut sedang transit di Kenyam karena kondisi cuaca, di mana kabut turun di wilayah Paro," kata dia.

Benny memastikan, proses evakuasi akan dilanjutkan kembali ketika cuaca di lokasi sudah mendukung.

Selain itu, ia menegaskan tidak ada proses penyanderaan terhadap 15 pekerja, namun terjadi pengancaman,

"Mereka diancam oleh KKB karena identitas yang kurang jelas sehingga mereka dianggap sebagai agen intelijen pemerintah, mereka dalam posisi tidak disandera," tuturnya.

Identitas 15 pekerja tersebut adalah Gregorius Yanwarin, Domianus Wenehen, Thadeus Belyanan, Ical Behuku, Simon Walter, Martinus Yanwarin, Gerardius Ruban, Fransiskus Rendi Ruban, Yogi Parlahutan Siregar.

Kemudian Refalino Walten, Antonius Heatubun, Martinus Heatubun, Andreas Kolatlena, Amatus Ruban dan Walterius Emanuel Heatuban.

Diberitakan sebelumnya, pesawat Susi Air diduga dibakar di Bandara Paro, Nduga, Papua Pegunungan Selasa (7/2/2023) pagi.

Founder Susi Air, Susi Pudjiastuti menduga kuat bahwa pesawat telah dibakar. Sebab, pesawat PK-BVY mendarat di Lapangan Terbang Paro dalam keadaan selamat.

"Pesawat sudah dibakar, confirm landing baik bukan accident atau crash. Sedang dicari tahu kondisi pilot dan penumpang," katanya.

Sementara Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen M. Saleh Mustafa memastikan, Pilot Susi Air PK-BVY Philips Marthen (37) dibawa oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"(Pilot) Dibawa oleh kelompok EK (Egianus Kogoya)," ujarnya melalui pesan singkat, Selasa.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/08/122231778/tni-polri-mulai-evakuasi-15-pekerja-yang-sempat-diancam-oleh-kkb-egianus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke