Salin Artikel

Guru Honorer di Minahasa Selatan Cabuli 16 Siswa Laki-laki

MANADO, KOMPAS.com - RL alias Rio (29), seorang guru honorer di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara (Sulut), mencabuli belasan siswa.

RL kini telah ditetapkan tersangka dan ditahan di Polres Minsel. Dari pengakuan tersangka, ada 16 siswa laki-laki yang menjadi korban cabul yang ia lakukan.

Kasat Reskrim Polres Minsel Iptu Lesly Deiby Lihawa mengatakan, RL diamankan Unit PPA Sat Reskrim Polres Minsel pada tanggal 5 Februari 2023 atas laporan tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak.

"Tersangka RL merupakan guru honorer dan juga wali kelas di salah satu sekolah menengah yang ada di Kabupaten Minsel," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (7/2/2023).

Lanjut Lesly, RL merupakan warga Desa Karowa, Kecamatan Tompaso Baru, Minsel.

"Dari pengakuan tersangka, total korban ada 16 anak siswa lelaki," ujarnya.

Tersangka melakukan perbuatannya sejak beberapa tahun yang lalu, semenjak ia menjadi guru honorer. Modus yang dilakukan tersangka yaitu merayu dan membujuk korbannya.

"Para korban adalah siswa sekolah. Perbuatan cabul dilakukan tersangka dengan cara meraba hingga pada tindakan kekerasan seksual," ungkap Lesly.

Aksi ini mulai terbongkar saat salah satu korban menceritakan apa yang dialaminya kepada orangtuanya.

Sehingga orangtua korban membuat laporan polisi dan langsung ditindaklanjuti pihak kepolisian dengan mengamankan tersangka pada tanggal 5 Februari 2023.

Tersangka dijerat pasal 82 ayat (1) dan ayat (2) dan ayat (4) UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 Perlindungan Anak menjadi undang-undang.

"Tersangka saat ini telah ditahan. Untuk ancaman hukuman paling lama 15 tahun ditambah sepertiga karena yang bersangkutan adalah guru sehingga ditambahkan pemberatan," ungkap Iptu Lesly.

"Tersangka saat ini telah resmi ditahan di ruang tahanan Polres Minsel untuk kepentingan proses penyidikan," sambungnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/07/221507978/guru-honorer-di-minahasa-selatan-cabuli-16-siswa-laki-laki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke