KILAS DAERAH

Kilas Daerah Jawa Tengah
Salin Artikel

Hadiri Resepsi Puncak Seabad NU di Sidoarjo, Ganjar Tarik Perhatian Ribuan Nahdliyin

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menghadiri acara puncak Seabad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim), Selasa (7/2/2023).

Selain orang nomor satu di Jateng, acara tersebut juga dihadiri Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, serta sejumlah pejabat penting dan ulama besar se-Indonesia.

Kedatangan Ganjar sendiri menyedot perhatian ribuan warga Nahdliyin yang berkumpul di luar Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Mereka yang tidak bisa masuk ke tempat acara resepsi puncak seabad NU langsung berhamburan mendekati gubernur berambut putih itu saat berjalan kaki menuju lokasi.

Ganjar memilih berjalan kaki karena akses menuju lokasi macet parah. Mobil yang ia tumpangi tak bisa melaju karena lautan manusia menumpuk hingga jalanan luar stadion.

Saat Ganjar berjalan kaki itulah, ribuan Nahdliyin langsung merangsek mendekat. Mereka berebut bersalaman dan minta foto bersama.

"Pak Ganjar, foto, Pak. Pak saya dari Lamongan. Saya dari Madura, Pak," teriak para Nahdliyin.

Bahkan, beberapa warga Nahdliyin ada yang nekat melompat pembatas jalan. Mereka menerobos untuk mendekati Ganjar. Wajah mereka nampak riang usai bersalaman dan foto dengan Ganjar.

"Ganjar presiden! Ini pemimpin kita. Hidup Pak Ganjar," teriak jemaah bersahutan.

Kerumunan massa yang begitu antusias itu membuat Ganjar kesulitan berjalan.

Meski begitu, Ganjar tetap ramah melayani warga yang meminta salaman dan foto bersama. Sesekali, ia berhenti saat bertemu jemaah lanjut usia (lansia) atau anak-anak.

"Sabar ya, jangan dorong-dorongan. Sehat selalu ya," ujar Ganjar.

Lantunan selawat juga mengiringi langkah Ganjar menuju lokasi acara. Jajaran Barisan Serbaguna (Banser) dan Pagar Nusa atau Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) juga ikut mengamankan Ganjar dari kerumunan massa untuk membukakan jalan.

Untuk diketahui, acara Seabad NU digelar semalam suntuk sejak Selasa (7/2/2023) pukul 00.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Beberapa kegiatan yang berlangsung, di antaranya Lailatul Qiroah, Manaqib Syech Abdul Qodir Jailani, Qiyamul Lail, Ijazah Qubro, hingga selawatan.

 

https://regional.kompas.com/read/2023/02/07/15261851/hadiri-resepsi-puncak-seabad-nu-di-sidoarjo-ganjar-tarik-perhatian-ribuan

Bagikan artikel ini melalui
Oke