Salin Artikel

Pastikan Revitalisasi Keraton Solo Dikerjakan Tahun Ini, Gibran Sebut Anggaran dari Kementerian PUPR

Rencananya anggaran revitalisasi bakal ditanggung secara penuh oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Sudah beres, sudah ada anggarannya. Tahun ini harus selesai. (Pembangunan) sebagian dulu," kata Gibran Rakabuming Raka setelah melakukan pertemuan dengan DPUPR Jawa Tengah, di Praciman Pura Mangkunegaran, Selasa (7/1/2023).

Gibran menjelaskan upaya revitalisasi ini merupakan bentuk komitmen Kementerian PUPR dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk melestarikan cagar budaya, setelah tahun lalu gagal terealisasi.

Terkait bangunan yang diprioritaskan untuk dibangun, Suami Selvi Ananda ini menjelaskan akan berdiskusi dengan pihak Keraton Kasunanan Solo terlebih dulu.

"Ini kan sudah dari PUPR komitmen sudah jelas, cantolan (anggaran) sudah jelas. Tugasku ngobrol dengan beliau-beliau (Pihak Keraton) yang ada di sana, Gusti ini setuju enggak. Kalau setuju langsung digarap," jelasnya.

"Anggaran PUPR banyak. Saya kira cukup untuk tahun ini. Tahun berikutnya dilanjutkan lagi, bertahap. Intinya sudah ada anggaran. Bangunan cagar  ya. Kami serius," jelasnya

Terkait dengan kajian bangunan yang akan direvitalisasi, saat ini Gibran telah menerima sejumlah kajian yang akan didiskusikan kembali.

"Kajian itu dikonsultasikan dengan Keraton karenakan pemilik aset. Saya harus dapat persetujuan dari gusti-gusti dulu, intinya dari saya, PUPR sudah siap. Intinya tahun ini sudah ada anggarannya, nanti bertahap, kayak Mangkunegaran," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/07/122149678/pastikan-revitalisasi-keraton-solo-dikerjakan-tahun-ini-gibran-sebut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke