Salin Artikel

Bone Bolango Jadi Kabupaten Panutan, Hamim Pou: Kami di Sini Serba Efisien

KOMPAS.com– Bupati Bone Bolango Hamim Pou menerima kunjungan kerja (kunker) Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu di Kantor Bupati Bone Bolango, Rabu (1/2/2023).

Bupati dua periode itu mengaku senang menyambut kedatangan rombongan yang dipimpin oleh Wali Kota (Walkot) Kotamobagu Tatong Bara ini.

Tatong mengungkapkan, pihaknya tertarik terhadap berbagai prestasi yang diraih oleh Kabupaten Bone Bolango sehingga bisa menjadi kabupaten maju di Provinsi Gorontalo.

“Kami ingin terus memperkaya ilmu di usia kami yang telah memasuki 16 tahun agar menjadi maju dengan 123.000 penduduk yang dibagi dalam empat kecamatan,15 desa, dan 18 kelurahan,” ujar Tatong dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (6/2/2023).

Menanggapi hal tersebut Hamim Pou mengatakan bahwa prestasi yang diraih Bone Bolango berasal dari efisiensi pihaknya di tengah keterbatasan fiskal daerah.

“Kami di sini serba efisien. Perjalanan dinas di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) pun tidak lebih dari Rp 100 juta,” ujarnya.

Pengeluaran tersebut, lanjut dia, bisa dibuktikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango dengan raihan prestasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 9 tahun terakhir, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) predikat sangat baik, dan kabupaten maju di Provinsi Gorontalo.

Jadi rujukan pembangunan Kotamobagu

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota Tatong Bara mengatakan, pihaknya ingin meraih prestasi Sakip BB seperti Kabupaten Bone Bolango.

Ia menjelaskan, penilaian Sakip Kotamobagu hanya terpaut nol koma sekian persen di bawah Kabupaten Bone Bolango.

“Saya akan minta seluruh OPD untuk bisa menggali segala ilmu agar apa yang dicapai oleh Bone Bolango bisa menjadi rujukan pembangunan di Kotamobagu. Selain itu, kami juga ingin belajar pemberdayaan wirausaha,” ujar Tatong.

Tatong memaparkan, pendapatan asli daerah (PAD) Kota Kotamobagu sebesar Rp 90 miliar. Nilai ini belum mampu menyamai Kabupaten Bone Bolango.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Kota Kotamobagu berada pada angka 4 persen, indeks pembangunan manusia (IPM) 73 persen, dan angka kemiskinan terendah nomor dua di Sulawesi Utara (Sulut) sebesar 5 persen.

Setelah kunker, rombongan Pemkot Kota Kotamobagu akan meninjau langsung Mal Pelayanan Publik (MPP) sebagai pusat pelayanan publik di Bone Bolango dan Wisata Hiu Paus.

Selain Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara dan Sekretaris Daerah (Sekda) Sofyan Mokoginta, rombongan tersebut diisi oleh 43 OPD, serta empat camat untuk mempelajari administrasi dan pelayanan publik di Kabupaten Bone Bolango.

 

https://regional.kompas.com/read/2023/02/06/13430461/bone-bolango-jadi-kabupaten-panutan-hamim-pou-kami-di-sini-serba-efisien

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke