Salin Artikel

Peringatan Dini Ancaman Gelombang Setinggi 6 Meter di Maluku, Warga Diminta Waspada

BMKG memprediksi gelombang setinggi enam meter berisiko terjadi di Laut Aru dan Arafura Minggu (5/2/2023) hingga Senin (6/2/2023).

“Tinggi gelombang hingga mencapai enam meter berpeluang terjadi di Laut Aru dan Laut Arafura bagian tengah,” kata Kepala Stasiun Klimatologi Maritim Ambon Ashar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (5/2/2023).

Selain di Laut Aru dan Laut Arafura, risiko gelombang tinggi mencapai empat meter juga berpeluang terjadi di Perairan Buru, Laut Seram Bagian Timur, Perairan Ambon Lease, Perairan Selatan Seram, dan Laut Banda.

Gelombang setinggi empat meter juga berisiko terjadi di Perairan Sermata-Leti, Perairan Babar, Perairan Tanimbar, Laut Arafura bagian barat, dan Perairan Kei.

“Hanya laut Seram Bagian Barat yang tinggi gelombangnnya 0,5-1,25 meter,” katanya.

Adapun untuk pola angin umumnya bertiup dari arah barat laut dengan kecepatan 25 knot atau 45 kilometer per jam.

Terkait risiko cuaca buruk di perairan Maluku itu, Ashar mengimbau warga, khususnya para nelayan, dan kapal-kapal tradisional agar lebih waspada.

“Kami mengimbau agar warga lebih waspada dan ini menjadi perhatian bersama,” pintanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/05/151355278/peringatan-dini-ancaman-gelombang-setinggi-6-meter-di-maluku-warga-diminta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke