Salin Artikel

Tinjau Pelabuhan PIM di Aceh Utara, Menhub: Konektivitas Laut Begitu Penting

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan dermaga 3 Pelabuhan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Jumat (3/2/2023) sore.

Budi didampingi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

Budi menjelaskan, keberadaan dermaga 3 Pelabuhan PT PIM tersebut berfungsi sebagai sarana konektivitas untuk memasok bahan baku produksi pupuk NPK (Nitrogen, Fosfor, dan Kalium).

“Kami berkunjung kemari untuk memastikan pelabuhan ini bekerja dengan baik untuk menjalankan fungsi konektivitas laut. Konektivitas laut begitu penting untuk mendukung operasional produksi pabrik,” kata Budi dalam siaran persnya, Sabtu (4/2/2023).

Untuk diketahui, dermaga 3 Pelabuhan PT PIM memiliki panjang 184 meter LOA dengan kapasitas 40.000 DWT. Sementara kedalaman alur pelayaran adalah -12 mLWS.

Budi mengatakan, pada tanggal 9 atau 10 Februari 2023 mendatang, pabrik pupuk NPK PT PIM akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Dengan peresmian tersebut, PT PIM akan menjadi satu-satunya pabrik besar di Pulau Sumatera yang memproduksi pupuk NPK.

Oleh karena itu, pihaknya memastikan pelabuhan tersebut berfungsi maksimal untuk memasok bahan baku produksi pupuk PT PIM.

“Oleh karena itulah konektivitas laut itu begitu penting. Kami terus memperbaiki pelabuhan, baik dari segi kedangkalan, fungsi manajemen, dan fungsi ekonomi supaya memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Menhub.

Dalam kesempatan itu, Menhub berpesan kepada direktur dan manajemen PT PIM agar pelabuhan tersebut dirawat dan difungsikan sebaik mungkin agar kapal yang memasok bahan baku maupun distribusi pupuk dapat beroperasi dengan lancar.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/04/133305078/tinjau-pelabuhan-pim-di-aceh-utara-menhub-konektivitas-laut-begitu-penting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke