Salin Artikel

Viral Video Buruh Tidak Dibayar Uang Lembur, Ganjar Terjunkan Tim untuk Mediasi ke Grobogan

SEMARANG, KOMPAS.com – Merespon viralnya video buruh PT SAI di Grobogan yang mengaku tidak dibayar uang lembur dan diperlakukan tidak baik oleh bosnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerjunkan tim mediasi dari ke perusahaan.

Hal itu disampaikan Ganjar usai acara Pembukaan Masa Awal Musrenbang Tahun 2023 dan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2024, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur Jumat (3/2/2023).

Belum lama ini viral video buruh menuntut upah kerja lembur yang belum dibayarkan perusahaan di dua daerah, yakni Salatiga dan Grobogan.

“Sudah. Sudah dimediasi. Sebenarnya yang saya katakan di sini tadi, ini eranya viralisme, jadi dikit-dikit viralisme, kenapa tidak tanya gitu. Jadi akhirnya nanti akan ramai tapi sudah kita fasilitasi,” tegas Ganjar.

Ganjar mengimbau kepada buruh untuk melapor ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng jika mengalami masalah.

“Nggak usah marah-marah, laporkan saja kan ada Dinas Tenaga Kerja. Kalau Dinas Tenaga Kerjanya nggak (respons) tak kethaki,” tegasnya.

Ganjar mengaku kerap menerima laporan langsung dari buruh soal pelayanan buruk perusahaan. Dia mengimbau agar kepala desa, camat hingga bupati atau wali kota aktif merespon.

“Mereka kan hanya pengen jumping saja, kayaknya kalau langsung gubernurnya lebih enak. Maksud saya biar lembaga ini kemudian semua berfungsi,” ujarnya.

Meski demikian, Ganjar tetap membuka lebar pintu pengaduan untuk laporan yang masuk kepadanya. Dirinya siap menerjunkan bawahannya.

Gubernur dua periode itu menegaskan, tim yang turun dari pemprov akan bekerja dengan memegang teguh integritasnya.

“Banyak dulu kepercayaan pengawas tenaga kerja itu tidak dipercaya, katanya kalau datang dikasih duit terus pulang, Insya Allah kalau provinsi tidak akan terjadi. Saya yang jamin provinsi karena saya gubernur,” tandasnya.

Terpisah, Kabis Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Jateng, Mumpuniati masih melakukan pemeriksaan saat dihubungi Kompas.com.

Pihaknya mengadakan pertemuan yang juga dihadiri Disnaker Kabupaten Grobogan, Polsek dan Polres setempat, manajemen perusahaan dan pekerja dalam video viral itu untuk mendengarkan klarifikasi dari kedua pihak.

“Kemudian, siang ini dilanjutkan pemeriksaan dokumen oleh pengawas. Kalau memang ada pelanggaran nanti akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/03/233615378/viral-video-buruh-tidak-dibayar-uang-lembur-ganjar-terjunkan-tim-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke