Salin Artikel

Peringati Hari BUMDesa, Mendes Halim Promosikan Produk Olahan Kepulauan Riau

BATAM, KOMPAS.com – Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Abdul Halim Iskandar tidak bisa menyembunyikan antusiasnya saat mengunjungi bazar dan pasar murah di halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Bazar dan pasar murah itu digelar untuk memperkenalkan hasil badan usaha milik desa (BUMDes) dari seluruh Indonesia dalam peringatan Hari BUMDesa 2023.

Tidak kurang dari 33 stand bazar dari seluruh provinsi di Indonesia menampilkan produk olahan dari desa masing-masing daerah.

Di stand bazar Provinsi Kepri, Gus Halim bahkan mempromosikan langsung makanan olahan asli Kepri yang dipajang di etalase.

Sebut saja rendang tongkol, keripik kunyit, ikan asin dan keripik kacang bilis. Di depan kamera, Gus Halim tampak menggebu-gebu meng-endorse makanan olahan Kepri. 

"Pusatkan perhatian kita ke produk BUMDes, semua makanan dari BUMDes pasti enak dan bergizi," kata Gus Halim melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (3/2/2023).

Gus Halim mengaku yakin bahwa produk BUMDes Kepri bisa bersaing bahkan ke pasar internasional.

"Ada banyak produk olahan Kepri yang yang dipasarkan ke mancanegara, maka dari itu kemarin kami beli mesin sterilisasi agar produk makanan kaleng Kepri bisa tahan satu bulan tanpa bahan pengawet, karena itu pasarnya sampai ke Turki," terang Gus Halim. 

Gus Halim pun tak melewatkan keseruan permainan gasing yang ditunjukkan anak-anak kecil yang begitu lihai memainkan gasing.

Meskipun baru pertama kali mencobanya, tampak Gus Halim tidak mudah menyerah mencoba gasing dan berkali-kali mencoba permainan rakyat tradisional tersebut. 

"Produk desa juga harus didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan, ayo lestarikan gasing. Jangan sampai gasing hilang dari bumi Nusantara," pungkas Gus Halim.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/03/231340378/peringati-hari-bumdesa-mendes-halim-promosikan-produk-olahan-kepulauan-riau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke