Salin Artikel

53 Gempa Guncang Maluku dalam Sepekan, BMKG: Ada 2 Gempa Dirasakan Getarannya

Kepala Stasiun Geofisika Ambon Djati Kuncoro Cipto mengatakan, dari puluhan gempa yang mengguncang Maluku selama 27 Januari-2 Februari 2023, tercatat dua kali gempa yang dirasakan getarannya.

“Dalam sepekan terakhir ada 53 kali gempa di Maluku dan ada dua gempa yang dirasakan getarannya,” kata Djati kepada Kompas.com, Kamis (3/2/2023).

Kedua gempa itu dirasakan dengan skala II-III MMI. Djati memerinci, dari 53 gempa itu, 37 di antaranya berjenis dangkal dengan pusat kedalaman di bawah 60 kilometer.

Sedangkan dari segi kekuatan, tercatat 27 kali gempa berkekuatan di bawah magnitudo 3 dan 25 kali berkekuatan di atas 3 magnitudo.

“Hanya ada satu gempa yang berkekuatan di atas 5 magnitudo,” ujarnya.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah di Indonesia yang masuk dalam wilayah rawan gempa. Sebab, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa di Maluku.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/03/211446978/53-gempa-guncang-maluku-dalam-sepekan-bmkg-ada-2-gempa-dirasakan-getarannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke