Salin Artikel

Sejumlah Warga Tual Mengungsi akibat Bentrokan, Wali Kota: Kita Kasih Makan dan Pemahaman

Para pengungsi itu tak hanya warga yang rumahnya terbakar saat bentrokan, tetapi masyarakat yang khawatir dengan situasi keamanan.

Wali Kota Tual Adam Rahayaan mengakui sejumlah warga mengungsi akibat bentrokan yang terjadi beberapa hari terakhir.

“Sama dengan warga yang mengungsi ini mereka lari saja karena rumahnya utuh, tapi untuk sementara semua yang mengungsi termasuk yang rumahnya terbakar, kita kasih makan, sambil kasih pemahaman kepada mereka,” kata Adam kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Kamis (2/2/2023).

Sejumlah warga mengungsi ke beberapa lokasi, seperti Pangkalan TNI AL, rumah ibadah, dan wilayah Desa Taar di Kota Tual.

“Lokasi pengungsian warga itu ada di Angkatan Laut, kemudian di rumah ibadah ada juga ke Taar itu warga yang rumahnya terbakar,” katanya.

Adam pengungsi yang rumahnya tak terbakar merasa khawatir dan trauma akibat bentrokan itu. Warga yang mengungsi itu, kata dia, berasal dari satu kawasan.

Adam menyebutkan, lokasi bentrokan itu terletak di satu titik. Bentrokan tidak tersebar di seluruh wilayah Kota Tual.

“Itu hanya kelompok tertentu saja, sedangkan di kawasan lain seperti Mangon Yarler dan lainnya itu situasinya seperti biasa saja,” ungkapnya.

Ia berharap supaya kondisi segera normal kembali agar warga yang mengungsi dapat kembali lagi ke rumah masing-masing.

“Kita berdoa dan berharap semoga satu dua hari ini sudah aman sehingga mereka sudah bisa pulang lagi ke rumah,” kata Adam.


 

Saat ini, situasi dan kondisi di Kota Tual kembali membaik setelah bentrokan yang terjadi pada Kamis pagi.

"Sampai sore ini kondisi sudah sangat membaik," katanya.

Sebelumnya, dua kelompok warga di Kota Tual, Maluku, terlibat bentrokan pada Selasa (31/1/2023) malam hingga Rabu (1/2/2023) pagi.

Bentrokan kedua kelompok itu pecah setelah seorang warga yang diketahui berinisial SB (59) terkena anak panah di bagian kepala saat sedang duduk bersama sejumlah rekannya di sebuah pangkalan ojek, tak jauh dari kantor Wali Kota Tual pada pukul 22.00 WIT.

Diduga korban dipanah seseorang yang berboncengan sepeda motor yang melintas di lokasi kejadian. Saat itu, teman-teman korban sempat mengejar terduga pelaku namun motor yang dikejar itu lolos dan berhenti di salah satu kawasan.

Akibat kejadian itu, kerabat korban yang marah langsung melakukan penyerangan ke salah satu kelompok warga hingga bentrokan pecah.

Akibat bentrokan itu, 33 orang terluka dan sejumlah rumah dibakar massa.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/02/182342678/sejumlah-warga-tual-mengungsi-akibat-bentrokan-wali-kota-kita-kasih-makan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke